Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Menyelam, Menikmati Pesona Bawah Laut

Kompas.com - 15/09/2014, 08:07 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Wisata alam bukan hanya sebatas mendaki gunung dan menyambangi pantai. Pernahkah Anda mencoba menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut? Wilayah Indonesia yang sebagian besar merupakan wilayah laut memiliki pemandangan alam yang sangat indah di bawah laut sana. Sebut saja Raja Ampat, Bunaken, Komodo, Wakatobi, Derawan, atau yang paling dekat sekalipun, Kepulauan Seribu disebut-sebut sebagai lokasi selam (diving) yang menarik.

“Dengan menyelam, Anda akan lebih tahu kalau Indonesia sangat indah,” ungkap John E Sidjabat, pemilik Global Dive Center, tempat yang menyediakan program-program atau apa pun yang berhubungan langsung dengan diving.

Menurut John, penikmat wisata alam yang belum mencoba menyelam, tak akan pernah tahu bahwa di laut sana terdapat pemandangan menakjubkan. “Keindahan pemandangan di bawah sana, tak akan pernah kita dapatkan saat di permukaan. Di sana kita bisa lihat udang berantem, saling berlomba dan berebut makan juga fauna langka lainnya,” jelas John.

Pengalaman itu lah yang membawa John pada bisnisnya saat ini. “Terus terang saya menjadi kecanduan untuk terus menikmati alam bawah laut,” tambahnya. “Ya, hitung-hitung ini juga bentuk kecintaan saya terhadap Indonesia dan saya ingin siapapun mencobanya agar mengetahui betapa indahnya Indonesia,” tambahnya lagi.

Kini sudah berpuluh tahun John memajukan bisnisnya sekaligus menjadi scuba diver. Bisnisnya berkembang, hingga kini Global Dive Center menyediakan program-program edukasi  diving, seperti scuba diving courseunderwater photography course, program perjalanan untuk para diver bersertifikat, serta menyewakan alat-alat scuba diving.

Dokumentasi Global Dive Center Program Try Scuba Diving (TSD), program khusus untuk pemula dengan lokasi di kolam renang Senayan

Walaupun terdengar mengasyikan, ternyata tak banyak orang yang berani melakukan scuba diving. Untuk itulah John juga membuka program untuk mereka yang hanya mau coba-coba saja. “Kita ada program, Try Scuba Diving (TSD), yaitu mencoba scuba diving dengan kedalaman dua meter di kolam renang Senayan lengkap dengan peralatan scuba yang kami pinjamkan,” tambahnya.

Alat-alat scuba terdiri dari masker, fins (sepatu katak), regulator, BCD (jaket selam), pemberat beserta tanki udara. Kegiatan TSD biasanya diambil oleh pemula yang ingin mencoba scuba diving. “Tenang saja kegiatan ini sangat aman karena tiap kelompok scuba diving yang biasanya terdiri dari empat orang akan didampingi oleh satu orang instruktur bersertifikat,” tuturnya.

Never Dive Alone!

“Ada hukum alam bagi para diver, yaitu never dive alone!,” katanya kemudian. Selain berisiko, menurutnya, diving sendirian tak menyenangkan. Ini lah yang menjadi komitmen seluruh divers dimanapun. Komitmen ini pula yang dijadikan jaminan bahwa scuba diving aman. “Selama tidak menyelam sendirian, patuhi peraturan. Menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan diving, bukanlah satu hal yang berisiko,” tambah John.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com