Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berwisata Olahraga

Kompas.com - 15/09/2014, 11:15 WIB
Michael

Penulis

KOMPAS.com - Wisata olahraga mulai mendapat banyak perhatian dari masyarakat Indonesia karena banyaknya tempat wisata yang memungkinkan orang untuk berwisata sekaligus berolahraga. Jenis kegiatan yang termasuk dalam wisata olahraga contohnya adalah: golf, renang, arung jeram, paralayang, panjat tebing dan lain-lain. Berbeda dengan wisata pada umumnya, wisata olahraga memerlukan persiapan yang lebih untuk dilakukan.

Berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum melakukan wisata olahraga.

Lakukan riset
Sebelum pergi ke tempat wisata, ada baiknya anda membaca review-review di web pencarian tentang tempat wisata tersebut dan lihatlah olahraga apa yang mungkin dilakukan di sana. Selain itu lihat pula fasilitas tempat olahraga apakah masih layak untuk didatangi atau tidak. Dengan melakukan riset di awal mungkin dapat menghindarkan anda dari kekecewaan jika tempat wisata yang anda ingin kunjungi ternyata tidak sesuai yang anda bayangkan.

Persiapkan fisik dan stamina
Hilangkan bayangan bahwa anda akan bersantai-santai di tempat wisata olahraga. Dengan merencanakan wisata olahraga berarti anda siap untuk melakukan olahraga yang mungkin melelahkan. Oleh karena itu, persiapkan diri anda sebelum melakukan wisata olahraga, dengan melakukan pengecekan kesehatan, makan makanan sehat dan minum vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Kemas secukup dan seperlunya
Anda tidak akan pergi ke tempat-tempat bagus di tempat wisata olahraga, kebanyakan hanya seperti pantai, tebing dan gunung jadi tidak perlu membawa baju-baju bagus anda. Tapi bawalah baju-baju yang nyaman untuk dipakai berolahraga seperti baju tipis, celana training dan sepatu kets. Beberapa tempat wisata olahraga memerlukan anda untuk membawa baju yang sesuai dengan aktifitasnya seperti berenang, bawalah baju renang dan kacamata renang.

BARRY KUSUMA Pantai Air Manis di Padang, Sumatera Barat.
Bawa obat-obatan
Melakukan wisata olahraga membuat wisata menjadi lebih berisiko daripada wisata biasa. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk membawa obat-obatan secukupnya untuk jaga-jaga terhadap semua kemungkinan cedera akibat olahraga. Walaupun biasanya di tempat wisata olahraga disediakan paramedis untuk menolong anda, tidak ada salahnya jika anda membawa obat-obatan sendiri. Obat merah, alkohol kecil dan plester wajib ada di tas obat anda, selain itu obat sakit kepala dan obat sakit perut juga dapat anda bawa.

Kendalikan emosi
Terkadang, beberapa orang lebih cepat marah saat kelelahan. Tidak menutup kemungkinan bahwa hal itu juga dapat terjadi saat melakukan wisata olahraga. Energi yang habis karena melakukan olahraga dapat menjadi salah satu penyebab suasana hati dapat menjadi jelek. Namun, ingatlah bahwa orang lain juga sama lelahnya dengan anda karena mereka juga melakukan olahraga yang sama.

Walaupun diisi dengan olahraga, wisata ini juga bertujuan untuk membuat kenangan indah bersama keluarga dan teman, oleh karena itu ada baiknya untuk mengendalikan emosi anda saat lelah setelah berolahraga. Anda dapat memanjakan diri anda setelah kelelahan berolahraga dengan menikmati hidangan yang nikmat atau pijatan yang enak sehingga suasana hati anda dapat baik kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com