Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Krim Singapura ala Uncle

Kompas.com - 22/09/2014, 08:17 WIB
Michael

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Bagi anda yang pernah mengunjungi Singapura dan berjalan-jalan di daerah Orchard pasti anda pernah mencoba es krim yang dijajakan di pinggir jalan ini. Es krim ini begitu terkenal di Singapura dengan sebutan Es Krim Uncle karena yang berjualan kebanyakan adalah lelaki paruh baya dengan kereta dorongnya. Es krim ini merupakan es potong dengan berbagai rasa kemudian dibungkus dengan roti tawar lalu dimakan bersamaan.

Di Indonesia, es krim ini mulai menjamur jumlahnya dengan banyaknya booth yang menjual Es Krim Uncle atau es krim roti ini. Ada yang tidak mengusung Singapura dalam merknya, namun ada juga yang dengan bangga membubuhkan nama negara singa tersebut pada merknya dengan tujuan untuk meyakinkan pelanggan bahwa memang es krim ini orisinil dan berasal dari Singapura.

KOMPAS.COM/MICHAEL Es krim yang sudah dipotong diletakkan di atas roti tawar. Es krim ini ada di Orchard Signature di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Banten.
Salah satu booth yang mengusung keaslian es krim Singapura ini adalah Orchard Signature. Dengan menggunakan nama jalan utama penjual es krim roti di Singapura, merk ini ingin menonjolkan bahwa es krim yang mereka jual mirip dengan es krim di Singapura. Bahkan booth-nya dibuat seperti gerobak dorong dengan sepeda dan payung seperti yang digunakan oleh para ‘uncle’ di sana.

Ada dua jenis rasa es yang dijual di sini yaitu spesial: durian, kacang merah, tiramisu, blueberry, cookies and cream, crispy ball, green tea, taro, choco mint dan rhum. Sedangkan untuk rasa biasa seperti coklat, stroberi, vanila dan mocca juga tersedia. Anda juga dapat memilih roti yang diinginkan apakah roti tawar biasa atau roti gandum.

KOMPAS.COM/MICHAEL Es krim roti tiramisu di Orchard Signature di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Banten.
Staf penjual dengan cekatan memotong eskrim yang dibungkus dengan kertas berpola sehingga potongan es sama besar lalu diletakkan di atas roti dan kemudian dibalut dengan plastik sehingga tidak berantakan. Eskrim roti pun siap disantap.

Saat dimakan ternyata menurut saya eskrim yang digunakan sedikit berbeda dengan yang digunakan di Singapura. Es krim di sana lebih lembut dan tidak garing saat digigit tapi es krim Orchard Signature lebih padat dan kering, namun tidak mengurangi rasa es krim yang segar. Roti tawar mirip dengan Singapura, terasa lembut dan tidak terlalu berserat sehingga saat es krim dan roti digigit bersamaan menjadi kombinasi yang pas.

KOMPAS.COM/MICHAEL Booth Orchard Signature yang unik berbentuk seperti gerobak dorong dengan sepeda dan payungnya.
Anda dapat mengunjungi booth Orchard Signature di Summarecon Mall Serpong 2 lantai 3 dekat dengan Eat and Eat dan Bakso Jawir. Logo kepala singa berwarna ungu tentu dapat anda lihat langsung dari kejauhan. Untuk menikmati es krim roti ini anda cukup membawa uang Rp 11.000 untuk rasa reguler dan Rp 13.000 untuk rasa spesial.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com