Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ugimba Resmi Menjadi Kampung Wisata

Kompas.com - 23/09/2014, 17:14 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan dan meresmikan Kampung Wisata Ugimba di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua sebagai desa wisata dan Puncak Carstensz sebagai destinasi Papua yang diunggulkan.

"Kampung Wisata Ugimba diharapkan berperan dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar obyek wisata yang menjadi bagian penting dari program pariwisata berkelanjutan," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Peresmian Kampung Wisata Ugimba ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menparekraf disaksikan oleh Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni. "Penetapan dan peresmian Kampung Wisata Ugimba akan berperan ganda. Selain sebagai pemberdayaan masyarakat juga akan berfungsi menjaga konservasi alam sekitar Puncak Carstensz Pyramid," ujar Mari.

Seperti diketahui, Carstensz Pyramid merupakan satu di antara tujuh gunung di dunia yang menjadi impian banyak pendaki internasional. Selain itu Puncak Carstensz Pyramid dikenal sebagai satu-satunya puncak gunung di kawasan tropis yang memiliki salju abadi. Tiap tahun, banyak pendaki dari dalam dan luar negeri berkunjung ke sini melalui jalur Sugapa-Ugimba-Carstensz.

"Pendaki yang datang kebanyakan dari mancanegara. Di antaranya, Amerika Serikat, Rusia dan Jerman. Sedangkan pendaki dari dalam negeri biasanya kelompok pecinta alam mahasiswa," sambung Tour Operator Wisata Carstensz, Maximus Tipagau.

"Sebagai destinasi wisata minat khusus, Carstensz begitu dikenal di mata internasional. Saya harap dengan penetapan Kampung Wisata Ugimba ini menjadi perwujudan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat di Papua. Mudah-mudahan masyarakat dapat merasakan manfaat dari wisatawan yang datang mengunjungi tanah Papua untuk menikmati ekowisata maupun wisata minat khusus. Ke depannya semoga masyarakat lokal dapat mempersiapkan sentra kreatif di mana dibuat cenderamata dan suvenir khas Papua," kata Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com