Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

@Kartupos, Bukan Akun Traveling Biasa

Kompas.com - 29/09/2014, 09:53 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi menjadikan akses informasi semakin mudah. Seiring dengan perkembangan tersebut saat ini juga mulai banyak bermunculan akun-akun traveling sebagai penyebar informasi di media sosial.

@Kartupos salah satunya, bagi yang suka atau mulai mendalami dunia travel sudah barang tentu mengenalnya.

Kenny Santana sebagai orang di balik eksistensi dan kehadiran akun ini pun mulai dikenal banyak orang. Bagaimana tidak, saat ini @Kartupos diikuti oleh lebih dari 53.000 follower.

"Saya tak ingin menjadikan akun ini menjadi aku traveling biasa. Di sini lah guna media sosial sesungguhnya di mana kita bisa bertukar informasi dengan cepat. Bahkan saat ini, media sosial buat saya adalah tempat saya bermata pencaharian," ujar Kenny saat ditemui di Kompas Travel Fair (KTF) 2014, Minggu (28/9/2014).

Pengalaman traveling Kenny tak ingin ia sia-siakan. Mulai saat itu, ia kerap berbagi pengalaman lewat @Kartupos. Tak disangka, akun ini mendapat antusias yang baik sampai akhirnya Kenny merasa harus lebih fokus. "Maret 2012 saya buat @Kartupos, 3 bulan kemudian saya resign, fokus di sini. Kalau dulu harus ribet cuti, saat ini ketika mau melakukan perjalanan ya bebas saja," katanya.

Sebagai admin akun traveling, Kenny termasuk kreatif. "Seperti yang saya bilang, akun ini harus berbeda. Saya coba sisipkan selain info perjalanan juga ada kuis berhadiah dan tiket lelang. Lebih dari itu tetap sebagai penghubung antar satu follower ke follower lainnya," tuturnya lagi.

Kepada Kompas Travel, Kenny mengaku sudah banyak bekerja sama dengan travel agent  atau pun maskapai penerbangan. "Ini benefitnya, dengan aktif seperti ini. Bisa diundang oleh maskapai-maskapai penerbangan internasional ke negaranya untuk promosi. Ini menjadi keuntungan bersosial media," ungkapnya lagi.

Saat ini selain sibuk dengan akunnya, Kenny juga kerap kali mengirim tulisan untuk Harian Kompas. Tiap Jumat ada rubrik Kompas Plesir, beberapa kali tulisan dan foto saya menjadi pilihan editor dan naik tayang," katanya lagi.

Ada banyak rencana yang ingin diwujudkan Kenny. Selain tetap jalan-jalan, ia juga ingin menjadikan @Kartupos sebagai akun mapan dan serba informatif. "Kali saja di lain waktu, akun ini selain bisa jadi travel consultant juga bisa menjadi media saat orang butuh tiket atau paket perjalanan wisata. Jadi bisa beli di @Kartupos," katanya dengan sedikit tawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com