Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Tarif Tangkuban Parahu Dikeluhkan Pengusaha Wisata

Kompas.com - 02/10/2014, 12:27 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Pengusaha wisata tour and travel di Bandung menyatakan keberatan rencana kenaikan tarif masuk obyek wisata Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, Jabar, mulai 1 November 2014.

"Kami selaku pelaku usaha wisata sangat keberatan untuk kenaikan tiket masuk wisata Tangkuban Parahu," kata pemilik perusahaan wisata FresTour and Travel, Syaiful Wathan di Bandung, Rabu (1/10/2014).

Ia menuturkan, PT Graha Rani Persada Putra selaku pengelola wisata Tangkuban Parahu merencanakan menaikkan tarif untuk wisatawan domestik dan asing.

Kenaikan tarif dosmestik sebesar Rp 25.000 pada hari biasa dan Rp 35.000 khusus akhir pekan, kemudian tarif wisatawan asing untuk hari biasa Rp 200.000 dan akhir pekan Rp 300.000 per orang. "Untuk tarif wisatawan asing yang membuat kami selaku pelaku usaha sangat keberatan," katanya.

Terkait kenaikan tarif itu, Syaiful mengatakan telah mengajak sejumlah agen wisata lainnya untuk mengeluarkan Tangkuban Parahu sebagai tujuan wisata.

Tindakan itu, menurut Syaiful, sebagai bentuk protes para pelaku usaha wisata terhadap PT Graha Rani Persada Putra yang akan menaikkan tarif masuk wisata tersebut. "Karena kenaikan harga tiket ini tidak relevan dengan pelayanan dan fasilitas yang ada," katanya.

Syaiful berharap, pengelola wisata dan pemerintah mengkaji kembali terkait kenaikan tarif tersebut yang diharapkan tidak merugikan pelaku usaha wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com