Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Murah ke Jakarta untuk Warga Malang

Kompas.com - 10/10/2014, 12:23 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Panitia Jakarta Tourism Expo (JTE) bekerja sama dengan dua maskapai penerbangan, yakni Sriwijaya Air dan Citilink menawarkan paket wisata murah bagi warga Kota Malang dan sekitarnya yang ingin menikmati liburan ke Jakarta.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Cucu A Kurnia di Malang, Kamis (9/10/2014) menjelaskan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan detail terkait tawaran paket wisata murah dengan tujuan Jakarta ini, warga Kota Malang dan sekitarnya bisa berkonsultasi langsung dengan agen perjalanan maupun panitia pada pameran di Malang Town Square (Matos).

"Pameran wisata yang dikemas dalam JTE sebagai bagian dari program Semarak Jakarta ini kami gelar selama tiga hari, mulai Jumat (10/10/2014) hingga Minggu (12/10/2014) di Matos setelah sebelumnya juga diselenggarakan di Palembang, Pangkal Pinang, Balikpapan, Pontianak, Manado serta Solo yang hampir bersamaan dengan di Malang," ujarnya.

Menurut Cucu, JTE merupakan salah satu strategi promosi Disbudpar DKI Jakarta dalam memajukan dunia pariwisata dengan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan industri pariwisata dari Jakarta dan kota-kota besar di Tanah Air. Selain bisa memberikan efek positif bagi bisnis jangka panjang industri pariwisata di Jakarta, JTE juga diharapkan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) provinsi itu.

Sementara kegiatan di sejumlah kota besar, termasuk Malang, lanjut Cucu, selain pameran, juga diselenggarakan "table top" sebagai forum bisnis untuk mempertemukan para pelaku industri pariwisata di Jakarta dengan biro perjalanan wisata di Malang.

KOMPAS/LASTI KURNIA Sepeda ontel wisata yang jumlahnya ratusan, berderet menanti penyewa di depan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah di Kawasan Kota Tua Jakarta, Sabtu (7/5/2011).
Lebih lanjut, Cucu mengatakan dalam pameran itu, banyak paket menarik ditawarkan pada warga Kota Malang, di antaranya Paket Terbang Asyik yang menawarkan tiket Sriwijaya Air atau Citilink (Malang-Jakarta-Malang) dengan harga mulai Rp 1,3 juta per orang dan tiket gratis masuk Gondola Taman Impian Jaya Ancol.

Selain itu, ada paket Kasur Terbang dengan harga mulai Rp 1,4 juta/orang sudah termasuk tiket Sriwijaya Air/Citilink Malang-Jakarta-Malang dan menginap satu malam di hotel berbintang plus makan pagi. Selanjutnya Paket Cermat dengan harga mulai Rp 1,6 juta/orang termasuk tiket, menginap dua malam, makan pagi, serta tiket masuk Kidzania.

Menurut dia, ekspansi JTE di Malang melibatkan 30 industri pariwisata dari Jakarta dan UKM binaan Disbudpar DKI Jakarta serta pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. "Salah satu melakukan perjalanan wisata melalui sistem paket ini juga menjadi tren di dunia pariwisata internasional," katanya.

Berdasarkan data dari Disbudpar DKI Jakarta, saat ini Jakarta memiliki 1.257 tempat hiburan dan rekreasi, 86 pusat perbelanjaan. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jakarta dari tahun ke tahun meningkat pesat. Pada tahun 2013, wisatawan domestik mencapai 31 juta jiwa dan mancanegara mencapai 2,3 juta jiwa.

Sementara Distrik Manajer Sriwijaya Air Malang, M Yusri Hansyah mengemukakan untuk mendukung program JTE tersebut, Sriwijaya Air bakal menambah penerbangan dari Malang ke Jakarta dan sebaliknya dari Jakarta ke Malang. Sriwijaya Air memberikan diskon 10 hingga 50 persen untuk semua tujuan selama pembelian tiket hingga Desember 2014.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Anak-anak berprofesi sebagai polisi saat bermain di Kidzania, Pacific Place, Jakarta, Senin (5/8/2013). Kidzania menjadi salah satu tempat pilihan anak-anak untuk mengisi libur Lebaran.
"Khusus selama pameran tiga hari di Matos, pada Sabtu (11/10/2014) mulai pukul 18.30 WIB hingga 19.30 WIB kita adakan promo besar-besaran atau 'crazy sale' yakni pembelian dua tiket Malang-Jakarta hanya Rp 850.500," katanya.

Citilink pun tidak ketinggalan, juga memberikan promo besar-besaran, bahkan waktunya cukup panjang yakni hingga April 2015. Bahkan, selama pameran ada layanan khusus dari perbankan berupa angsuran dengan bunga 0 persen selama enam bulan.

Selain itu, boarding pass Citilink juga bisa dipakai di restoran atau hotel dengan diskon sebesar 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com