Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jatim Siapkan Pelaku Wisata Hadapi MEA 2015

Kompas.com - 11/10/2014, 10:05 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur terus menyiapkan para pelaku wisata untuk siap bersaing dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jarianto di Surabaya, Jumat (10/10/2014), mengatakan para pelaku wisata ini merupakan salah satu faktor terpenting untuk menghadapi MEA tahun 2015.

"Yang paling penting adalah peningkatan sumber daya manusia. Karena faktor sumber daya manusia sangat menentukan siap tidaknya dalam menghadapi MEA ini," ucapnya.

Menurut Jarianto, salah satu bentuk persiapan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yaitu dengan memberikan pelatihan dan juga sertifikasi.

"Nantinya para pelaku pariwisata ini akan mengikuti semacam pelatihan dari lembaga standar profesi supaya kemampuan mereka bisa meningkat," ujarnya.

KOMPAS/SIWI YUNITA CAHYANINGRUM Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur, kini menjadi tujuan wisata surfing baru. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memperkenalkan pantai tersebut lewat kompetisi surfing internasional, Jumat (23/5/2014).
Setelah itu, para pelaku wisata ini akan mendapatkan pengakuan dari Gubernur Jawa Timur dan juga dari Internasional untuk bersaing dalam pelaksanaan MEA tahun 2015.

"Saya rasa hal ini memang tidak bisa ditawar lagi dan juga tidak bisa dihindari, karena kondisi ini sudah ada di depan mata dan faktor penting paling menentukan yaitu kesiapan dari sumber daya manusia," katanya.

Selain sektor pariwisata, di sektor seni juga disiapkan sedemikian rupa salah satunya dengan melakukan seminar kebudayaan nasional antarseniman. "Dalam seminar yang dilakukan tersebut akan dibahas bagaimana cara dan upaya yang tepat untuk menghadapi MEA tahun 2015," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com