Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedasnya Ayam Penyet Menggugah Selera

Kompas.com - 15/10/2014, 09:11 WIB
JANGAN mengaku sebagai penggila masakan serba ayam, kalau Anda belum pernah singgah ke Rumah Makan (RM) Wong Solo di Jalan Akhmad Mukhsin Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Karena rumah makan ini menyajikan variasi menu ayam, mulai ayam goreng, ayam bakar hingga ayam penyet.

Bagi penyuka masakan pedas, Anda mesti mencoba menu utama ayam penyet. Sambalnya sangat pedas dan menggugah selera bagi penikmatnya. "Sambal ayam penyet ini menggunakan cabai rawit sehingga pedasnya terasa sekali," kata Abi, Manager Wong Solo Tenggarong.

Menu ayam penyet ini sangat pas disandingkan dengan tumis kangkung yang diolah dalam kondisi masih segar. Kalau menu ayam bakar di Wong Solo sudah tidak perlu ditanya lagi rasanya, semua orang pasti dibuat jatuh hati. Dagingnya yang empuk dengan bumbu spesial membangkitkan selera.

Rumah makan yang hadir belum lama di Kota Raja ini juga menyajikan menu paket murah, yakni paket ayam broiler dengan harga Rp 26.000. Paket ini terdiri dari ayam penyet, nasi, sambal mentah, tempe mendoan, terong, terancam (urap) dan kremes. "Paket ayam broiler ini juga menjadi pilihan menu favorit pengunjung. Mereka bisa menggantinya dengan ayam kampung selisih harganya Rp 2.000, lebih mahal ayam kampung," ujar Abi.

Menariknya lagi, hanya di RM Wong Solo, pengunjung bisa menjumpai jus poligami, di samping jus buah lainnya. Jus poligami ini merupakan campuran 4 buah berserat yang diblender, yakni pepaya, semangka, alpukat dan sirsak. "Masing-masing kami mengambil 30 gram daging buah dari keempat buah tadi untuk di-mix, harga satu gelas jus poligami Rp 18.000," tuturnya.

Rumah makan yang buka mulai pukul 10.00-23.00 ini memiliki fasilitas wifi gratis dan musala. Di lantai atas, pengunjung bisa menyantap makanan sambil lesehan. Bahkan, rumah makan ini menerima pesan antar (delivery) gratis.

"Kami menerima pesan antar nasi kotak gratis meskipun hanya satu kotak, asalkan masih di sekitar Tenggarong. Kalau lokasinya agak jauh, minimal pemesanan 5 kotak," katanya.

Sejauh ini, RM Wong Solo menerima banyak pesanan makan siang, seperti dari BPD Kaltim cabang Tenggarong. (top)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com