Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pariwisata Sambangi Kota Tua Jakarta

Kompas.com - 29/10/2014, 14:02 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah molor tiga jam dari jadwal yang diumumkan sebelumnya, tepat pukul 12 siang, Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan ke Kota Tua Jakarta. Tujuan pertamanya adalah gedung Kantor pos.

Rupanya Arief yang baru dilantik tiga hari lalu sebagai Menteri Pariwisata tertarik dengan rencana revitalisasi kota Tua Jakarta. Ia ingin melihat denah dan perencanaan pembangunannya yang berada di lantai dua Gedung Kantor Pos Kota Tua Jakarta.

Kunjungan Menteri Pariwisata ini disambut hangat oleh segenap Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta dan jajaran dari Jakarta Old Town Revitalization Corp. (JOTRC). Arief tampak antusias dengan master plan revitalisasi Kota Tua Jakarta.

"Kota ini mati sejak tahun 1800an akibat penyakit malaria. Orang pindah ke menteng dan kawasan lain. Di Kota Tua Jakarta, gedung-gedung hancur tak terurus. Untuk itu, saat ini Kota Tua akan direvitalisasi. Kita akan menggunakan seni untuk mendatangkan banyak orang lagi ke sini," ungkap Ketua Board Executive JOTRC Li Che Wei yang disambut anggukan Arief.

Ia menyebutkan ada lima aktivitas yang terdapat dalam rencana revitalisasi. Di antaranya, preservation, conservation, activation, renovation restoration, dan adaptative reuse. "Semoga nantinya Kota Tua Jakarta dapat mendatangkan banyak wisatawan kembali," tambah Li Che Wei lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com