Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Tahun 1,87 Miliar Orang Melancong ke Luar Negeri

Kompas.com - 30/10/2014, 09:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Asia Pasifik dan Eropa, sampai saat ini  masih menjadi tujuan favorit turis asing. Tiap tahun di seluruh dunia diperkirakan sekitar 1,87 miliar orang berpergian ke luar negeri untuk berwisata.

"Tiap tahun kenaikan jumlah turis di seluruh dunia mencapai sekitar lima persen," kata tokoh pariwisata yang juga mantan Wamenparekraf Sapta Nirwandar di sela-sela konferensi pers penyelenggaraan HOTELEX di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Sementara turis yang datang ke Indonesia baru mencapai 9 juta orang per tahunnya. "Tapi kenaikan jumlah turis yang datang ke Indonesia lebih banyak dibandingkan global yakni 9-10 per tahunnya," katanya.

Indonesia khususnya maupun kawasan ASEAN menjadi salah satu destinasi yang menjadi pilihan. "Meningkatkan konektivitas karena hadirnya pesawat berbadan lebar serta Ebola di Afrika yang membuat pesawat dibatasi mampu mendorong kunjungan turis ke kawasan ini," katanya.

KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Ilustrasi: Seorang wisatawan asing berkeliling menikmati keindahan Pura Taman Ayun, Kabupaten Badung, Bali, beberapa waktu lalu.
Ketua PHRI Yanti Sukamdani mengatakan perlunya terobosan yang tidak biasa untuk memenuhi target kunjungan wisatawan asing 20 juta per tahun pada tahun 2019 seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

"Kalau upayanya hanya seperti sekarang ini karena kenaikannya paling banter 9 persen padahal untuk mencapai target minimal kenaikan 13 persen," tambah Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com