Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapta Sarankan Menpar Garap Wisata Sungai

Kompas.com - 05/11/2014, 13:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar menyarankan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menggarap wisata sungai sebagai tujuan rekreasi ataupun olahraga.

"Sungai ini bisa untuk wisata air, rekreasi, hingga wisata olahraga," kata Sapta Nirwandar di Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Lebih jauh Sapta melihat sungai sebagai pusat dan sumber kebudayaan yang sangat potensial untuk digarap sebagai destinasi wisata.

Selain itu sungai juga bisa digarap dari sisi lingkungan sebagai upaya pelestarian yang berawal dari pengembangan program pariwisata. "Dari sini kita bisa melihat manfaat pariwisata untuk pelestarian lingkungan," katanya.

Menurut Sapta, sulit untuk mendorong masyarakat dalam melestarikan lingkungan termasuk sungai bahkan melalui peraturan dengan sanksi yang berat sekalipun.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Memasuki Camp Leakey di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalteng, Selasa (26/11/2013).
Namun jika upaya itu dibarengi dengan program pengembangan pariwisata maka mendorong masyarakat untuk melakukannya cenderung lebih mudah karena justru akan tercipta kesadaran bersama.

"Menteri Pariwisata harus banyak membaca dan mendengarkan, mempelajari pencapaian-pencapaian pariwisata selama ini," katanya.

Sampai sejauh ini, sudah banyak terobosan sport tourism yang dikembangkan Sapta ketika menjabat Wamenparekraf. Sejumlah wisata air yang dikembangkan Sapta di antaranya Musi Triboaton di Palembang, Festival Danau Toba, Festival Danau Singkarak, Festival Danau Sentani, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com