Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambu Dipasang, Wisatawan Tak Perlu Bingung di Yogyakarta

Kompas.com - 06/11/2014, 15:42 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memasang sejumlah rambu pendahulu penunjuk jurusan yang dibuat dalam ukuran mini atau lebih kecil dibanding rambu lain guna membantu wisatawan menuju sejumlah lokasi wisata.

"Kami masih sering menjumpai wisatawan yang kebingungan menuju obyek wisata yang diinginkan. Oleh karena itu, dipasang rambu penunjuk arah ini di sejumlah lokasi strategis untuk memudahkan wisatawan," kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Windarto di Yogyakarta, Selasa (4/11/2014).

Rambu penunjuk jurusan tersebut dibuat lebih sederhana layaknya rambu penunjuk arah yang kerap dijumpai di luar negeri. Di dalam satu tiang, terdapat sejumlah papan dalam ukuran kecil yang masing-masing menunjukkan arah sesuai lokasi yang tercetak di papan rambu.

"Kami sengaja membuat rambu dengan desain yang lebih menarik, tidak seperti rambu yang ditempatkan di tepi jalan. Harapannya, wisatawan terutama turis asing tidak lagi kebingungan menuju lokasi wisata yang diinginkan," katanya.

Windarto memaparkan, rambu penunjuk jurusan tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung yang sangat diperlukan oleh Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata. "Wisatawan harus merasa nyaman saat berkunjung ke Yogyakarta," katanya.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Papan penunjuk arah di Kebun Binatang Gembira Loka, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (29/8/2014). Kebun binatang yang memiliki luas sekitar 20 hektar ini menjadi salah satu tempat wisata yang diminati warga.
Rambu penunjuk arah tersebut di antaranya dipasang di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, simpang Gondomanan, seputar kawasan Keraton Yogyakarta, Kotagede dan di simpang Balai Kota Yogyakarta.

Papan penunjuk arah tersebut dicat dalam dua warna, yaitu coklat menunjukkan lokasi wisata dan budaya, sedangkan papan yang dicat dengan warna hijau menunjukkan lokasi lainnya. "Di papan tersebut juga dituliskan perkirakaan jarak menuju lokasi yang dimaksud," katanya.  

Windarto menambahkan, pemasangan rambu penunjuk jurusan tersebut akan dilanjutkan pada tahun depan karena masih banyak lokasi-lokasi yang juga membutuhkan penunjuk arah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com