Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desember, SilkAir Layani Singapura-Bandung Setiap Hari

Kompas.com - 11/11/2014, 17:21 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Pada Desember 2014, maskapai SilkAir kembali membuat gebrakan. Anak perusahaan Singapore Airlines tersebut akan membuka penerbangan Bandung-Singapura setiap hari.

“Sejak 11 Oktober 2011, kami membuka rute penerbangan Singapura-Bandung sebanyak tiga kali dalam seminggu yakni Selasa, Jumat, dan Minggu. Namun permintaan terus meningkat hingga akhirnya kami membuka penerbangan lima kali dalam sepekan. Dan selama Desember, kami buka setiap hari,” ujar Manager SilkAir Bandung, Zechariah Chai kepada wartawan pada Asia Afrika Tourism FAM Trip 2014 di Aston Primera Pasteur, Selasa (11/11/2014).

Chai menjelaskan, akhir tahun menjadi momen yang ditunggu para maskapai penerbangan. Karena pada akhir tahun terdapat libur Natal dan Tahun Baru yang biasanya meningkatkan okupansi. Selain itu, penerbangan Desember ini menjadi uji coba atau acuan bagi SilkAir untuk menambah jumlah penerbangan secara permanen. "Rata-rata okupansi saat low season sekitar 50 persen hingga 70 persen. Dan Desember merupakan momen peak season," tuturnya.

Bandung, menurut Chai, menjadi salah satu daerah yang jadi bidikannya. Karena potensi pariwisata di Kota Kembang ini sangat besar. Banyak masyarakat Singapura berkunjung ke Parijs van Java ini untuk berbelanja, wisata kuliner, dan lainnya. Namun harus diakui Chai, persaingan penerbangan Singapura-Bandung sangat ketat. Karena itu diperlukan strategi bisnis yang bagus.

Meski persaingannya ketat, Chai optimistis bisa bersaing dengan kompetitor maskapai lokal maupun asing. Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar mencatat, wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jabar melalui Bandara Husein Sastranegara terhitung Januari-September 2014 mencapai 128.036 orang. Sebagian besar wisman berasal dari Malaysia dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com