Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru Seru di Korea atau Eropa

Kompas.com - 23/11/2014, 14:39 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak paket wisata yang ditawarkan oleh travel agent di pameran wisata Abacus Indonesia Travel Fair 2014. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah paket-paket wisata untuk merayakan tahun baru 2015.

“Kebetulan penyelenggaraannya bertepatan dengan liburan akhir tahun, untuk itu beberapa paket wisata yang ditawarkan dikonsepkan sebagai perjalanan wisata untuk menyambut tahun baru,” ungkap Supervisor Tour K.I.A Tours & Travel Rika Bhayangkari saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (22/11/2014).

Rika menambahkan bahwa untuk paket tahun baru yang banyak disasar oleh wisatawan Indonesia kebanyakan adalah destinasi Korea Selatan, Turki, dan Eropa. “Untuk Korea dan Eropa, khususnya Turki memang ada paket khusus yang menarik, walaupun harga cenderung mahal karena sedang high season tapi banyak yang tertarik dengan paket-paket wisata ke negara tersebut,” ujar Rika.

Untuk paket wisata ke Korea selama 8 hari, K.I.A Tours & Travel menyiapkan paket wisata “Amazing Winter Korea Jeju+Mt. Sorak” dengan harga mulai dari Rp 24 jutaan sudah termasuk pengurusan visa dan pajak di bandara. Sedangkan untuk Turki selama 12 hari disiapkan paket wisata “Turkey-Dubai+Ferarri World” perlu merogoh kocek mulai dari Rp 30jutaan.

Rika juga menggambarkan serunya menikmati tahun baru di dua negara tersebut. “Kalau Korea memang tanpa diceritakan orang sudah banyak yang tahu karena film dan drama yang booming di Indonesia, kita akan mengunjungi tempat-tempat yang populer dan biasa kita lihat di dramanya. Pulau Jeju yang terkenal akan keindahannya dimulai dari mengunjungi Seongsan Peak, Seop Koji Waterfront, dan Jeju Aqua Planet untuk menyaksikan pertunjukan Dolphin Show. Setelahnya juga ada kunjungan ke Nami Island, Gunung Sorak, dan Ski Resort karena kebetulan sedang musim salju,” ulasnya.

Meriah tahun baru dapat dihabiskan di Ski Resort, biasanya wisatawan Indonesia senang diajak ke sana karena memang di Indonesia tidak ada salju. “Kalau di Turki juga mereka masih mengejar winter, selain wisata sejarah di beberapa museum, wisatawan juga akan diajak mengunjungi tempat-tempat indah seperti air terjun kalsium putih yang beku ‘The White Travertines’ hingga pasar tertutup sekaligus tertua di sana yang sangat terkenal ‘Grand Bazaar’, tak lupa diakhiri dengan mengunjungi Ferarri World Theme Park di Yas Island (Dubai, Uni Emirat Arab), tempat beragam permainan menarik,” katanya lagi.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Penyelenggaraan Abacus Travel Fair 2014 tanggal 21-23 November 2014 di JCC Senayan, Jakarta.

Sementara itu, Tour Consultan Avia Tour, Esther Deborah juga menuturkan hal yang sama. Korea Selatan dan Eropa memang kerap kali menjadi sasaran wisatawan Indonesia yang ingin berlibur dan menghabiskan tahun baru di luar negeri.

“Sebenarnya kalau dilihat dari kemeriahan, Eropa menjadi rekomendasi kami. Tapi saat high season seperti ini, orang lebih pilih Asia, makanya Korea menjadi pilihan mereka,” ungkapnya.

Untuk paket wisata ke Korea Selatan saat akhir tahun, Avia Tour menyediakan harga mulai dari 1.899 dolar AS belum termasuk pajak dan juga pengurusan visa. “Perbedaan kemeriahan jelas terasa. Kalau di Eropa sudah pasti hingar bingar, banyak kembang api dan gegap gempita yang terasa berlebihan. Kalau Korea lebih pada kontemplasi. Pada malam tahun baru, orang Korea lebih banyak berdiam diri atau pergi ke vihara dan gereja. Baru lah di tanggal 1 Januari sejak pagi mereka menunggu matahari pertama. Di tanggal 1 ini juga baru ada kembang api di malam harinya,” ujarnya lagi.

Sedangkan paket wisata ke Eropa, Paris dan Milan. Untuk paket wisata ke Eropa, budget yang harus disiapkan mulai dari 2.288 dolar AS. “Kalau ke Eropa memang cocok untuk mereka yang suka pesta dan kemeriahan tahun baru, harganya memang lebih mahal apalagi untuk high season seperti ini,” tutup Esther.

Pameran wisata Abacus Indonesia Travel Fair 2014 didukung lebih dari 20 agen perjalanan terbaik di Indonesia dan setidaknya 12 maskapai penerbangan terkemuka. Pameran ini diadakan di Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta pada 21 – 23 November 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com