Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Tempat Wisata Menarik di Sumatera Selatan

Kompas.com - 28/11/2014, 11:44 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Provinsi Sumatera Selatan mulai membangun dirinya, salah satu provinsi besar di Sumatera ini bahkan telah dilirik sebagai tuan rumah beberapa acara internasional, seperti  Islamic Solidarity Games, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional hingga Asian Games yang akan diselenggarakan 2015 mendatang. Sayang, sebagai tuan rumah potensi wisata di sana belum banyak dilirik wisatawan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Pekan Promosi Pariwisata Sumatera Selatan di Jakarta yang tak lain bertujuan untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi.

“Dalam 5 tahun terakhir, Sumatera Selatan mengalami kemajuan yang begitu pesta. Tren perekonomian pun terus mengalami peningkatan positif. Kegiatan investasi tergolong aktif karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, tapi sayang destinasi wisatanya belum banyak dieksplorasi oleh wisatawan padahal potensi wisata di sana tak kalah menarik,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Sumatera Selatan, Farhad Syukri saat pembukaan Pekan Promosi Pariwisata Sumatera Selatan di JCC Senayan, Kamis (27/11/2014).

Diselenggarakan mulai 27-30 November 2014, acara ini diikuti oleh beberapa perusahaan maskapai penerbangan, agen perjalanan, perusahaan pengelola destinasi wisata, pengusaha kerajinan buah tangan khas Sumatera Selatan hingga penyelenggara kegiatan pariwisata lainnya.

KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Kompleks Kelenteng dan Pagoda Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), dilihat dari Sungai Musi. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek.

“Kami berintegrasi, agar semua pelaku usaha dan pariwisata dapat sama-sama memajukan potensi wisata di Sumatera Selatan. Makanya pihak-pihak terkait seperti agen perjalanan, maskapai sampai pelaku ekonomi kreatifnya kami ajak ke sini,” tambahnya.

Selain kegiatan pameran, pengunjung juga disuguhkan berbagai hiburan dengan berbagai acara budaya khas seperti tarian, hiburan musik melayu dan juga peragaan busana tradisional. “Melalui kegiatan ini, kami mengharapkan destinasi pariwisata unggulan Provinsi Sumatera Selatan dapat lebih dikenal oleh masyarakat dalam dan luar negeri sehingga mampu menunjang pertumbuhan pariwisata dan mendorong laju pertumbuhan pariwisata dan perekonomian Sumatera Selatan,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com