Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Ikan di Tanjung Luar

Kompas.com - 05/12/2014, 15:10 WIB
BERBAGAI jenis ikan hasil tangkapan nelayan ada di pasar dan pelelangan ikan Tanjung Luar, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Saruak, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat .

Kalau kamu ingin melihat keramaian di pasar itu, kamu harus datang pagi-pagi sekali. Jarak pasar ikan ini dari kota Mataram  bisa ditempuh dengan 2 jam perjalanan.

Pada dini hari, para nelayan pulang membawa ikan. Mereka lalu sibuk membereskan jaring di atas perahu dan di dermaga. Sejak subuh, pasar ikan Tanjung Luar telah ramai oleh pembeli dan nelayan yang berjualan.

Pasar Ikan Tanjung Luar

Sebelum pembeli berdatangan, biasanya bapak-bapak bermain congklak. Permainannya di tanah yang sudah digaris-garis untuk batas.

Buah congklaknya hanya dari batu seadanya. Permainan berlangsung seru karena penonton sering meledek dan menyoraki. Begitu pembeli datang, mereka sibuk melayani satu persatu.

Di pasar ini, hampir semua orang terlihat memegang ember berisi ikan dan tangkapan laut lainnya. Beberapa ibu tampak membawa balok es di atas kepala.

Mereka membawa balok-balok es itu untuk dimuat di perahu. Begitu hari beranjak siang, pasar mulai sepi. Para nelayan kembali mempersiapkan diri untuk berlayar dan menangkap ikan lagi. (Oliviaks/Potret Negeriku/Annisa/Kidnesia/Foto: Ricky Martin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kidnesia
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com