Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik ke Gili Trawangan?

Kompas.com - 10/12/2014, 12:24 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.com - Kapankah waktu terbaik menuju Gili Trawangan? Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan Acok Zani Bassok, sepanjang tahun sebenarnya cocok saja untuk berkunjung ke Gili Trawangan, sebuah pulau wisata primadona di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Namun, ia menambahkan perlu diperhatikan musim padat pengunjung (high season) terutama di bulan Juni hingga Agustus. Di akhir-akhir tahun yaitu sekitar Oktober hingga perayaan tahun baru, juga ramai pengunjung. Lalu kemudian di bulan Januari hingga Maret, mulai agak sepi, walau bisa dibilang Gili Trawangan ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun.

Jika Anda senang keramaian dan aneka pesta, akhir tahun alias saat perayaan tahun baru adalah pilihan terbaik. Juga di bulan-bulan padat pengunjung yaitu Juli sampai Agustus. Namun perlu diingat, di bulan-bulan musim padat kunjungan, akomodasi menerapkan tarif berbeda yang lebih mahal.

Sebaliknya, jika Anda memilih datang saat pulau tidak terlalu padat, bisa pilih di bulan-bulan Januari sampai Maret. Di bulan Maret hingga Juni biasanya wisatawan mulai ramai lagi, walau tidak sepadat di akhir tahun.

Namun perlu diperhatikan pula bulan berkunjung dengan cuaca. Di bulan Februari dan Maret, ombak cenderung tinggi. Sementara di bulan Agustus dan September, ombak tenang sehingga kapal melaju tanpa terhempas-hempas ombak dan arus kuat.

Naik kapal di saat bulan purnama yaitu saat air pasang juga berisiko ombak tinggi. Saran terbaik dari beberapa pengemudi speedboat, bila berangkat di saat ombak tinggi, pergilah di pagi hari karena ombak cenderung tenang.

Bila Anda mencari bulan kunjungan di saat Gili Trawangan tidak terlalu ramai, langit cenderung cerah dan minim hujan, ombak tenang, maka pilihan bisa di bulan Mei. Pilihan lain saat cuaca cenderung mendukung adalah di bulan Agustus dan September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com