Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manis Galungan, Penyewaan Pelampung Laris Manis di Pantai Sanur

Kompas.com - 18/12/2014, 13:36 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Penyewaan pelampung anak-anak di Pantai Sanur, Bali, laris di hari Manis Galungan, Kamis (18/12/2014), setelah kemarin (Rabu, 17/12/2014) umat Hindu merayakan hari raya Galungan.  

"Hari ini kan Manis Galungan, banyak yang mandi di sini (Pantai Sanur). Ya lumayanlah banyak yang nyewa," kata Putu Parwatin (57), salah satu penyedia jasa sewaan pelampung anak di Pantai Sanur, Denpasar.

Parwati yang  menekuni jasa penyewaan pelampung sudah 3 tahun ini memang bisa merasakan bagaimana kondisi penyewaannya di tengah persaingan dengan yang lain. Diakui Parwati, hari biasa hanya mendapatkan Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Sementara jika ramai pengunjung bisa mencapai Rp 100.000 hingga Rp 200.000 ribu per hari. Sementara untuk tarif sewa pelampung anak antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung jenis pelampungnya.

Masyarakat penyewa mengaku terbantu dengan penyewaan ini karena praktis tidak harus membawa dari rumah. Tarifnya juga relatif murah sehingga masyarakat tidak merasa keberatan.

"Ya praktis lah, nggak bawa dari rumah. Ribet. Tarifnya juga murah kok, bahkan kita bisa pakai sepuasnya hingga selesai mandi," kata Wayan Astiningsih, salah satu penyewa pelampung untuk anaknya.

Manis Galungan yang hadir satu hari setelah Hari Galungan ini biasanya dimanfaatkan umat Hindu untuk bersilaturahmi kepada sanak keluarga. Di samping tradisi silaturahmi juga dimanfaatkan berkunjung ke tempat-tempat wisata untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan yang sebelumnya menjalani serangkaian upacara hari Galungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com