Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Malam di “Rooftop” Pantai Indah Kapuk

Kompas.com - 23/12/2014, 11:36 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Above 5 Sky Bar menjadi salah satu tempat menunggu malam yang nyaman. Lokasinya yang berada di Utara Jakarta memang membuatnya berbeda dari resto dan bar lain. Apalagi dengan konsepnya yang berada di atap gedung, tentu menjadi tempat menunggu yang nyaman untuk menikmati malam yang panjang dan terkesan jauh dari kebisingan ibukota.

Above 5 Sky Bar berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara sejajar dengan area di mana berpuluh-puluh restoran dan penjaja makanan berada. Hanya saja, yang ini memang berbeda. Mungkin keberadaannya tak terlihat dari luar sana. Bayangkan, untuk datang ke sana Anda harus memasuki area restoran lainnya. Terletak di gedung yang sama dengan Kimchi Grandma, dari sana Anda harus menaiki lift hingga lantai 3. Belum selesai, kaki harus melangkah lagi melewati anak tangga hingga ke lantai 5, sesuai namanya.

Masuk ke dalamnya, Anda akan disuguhkan pemandangan yang temaram. Bila masih sore, cahaya matahari akan masuk bebas dari sisi depan dan belakang tapi sayang, saat saya datang kawasan Jakarta Utara baru saja selesai disirami hujan. Tampiasnya masih membekas di ubin kayu Above 5 Sky Bar, bau basah kayu juga lamat-lamat masih tercium bila tak sengaja terhembus angin. Ornamen yang dipakai memang mengacu pada warna alam. Semen pada dindingnya tidak di cat ulang, dibiarkan berwarna dasar begitu saja, sedangkan pada sela-selanya terdapat banyak tumbuhan. Untuk meja dan kursi, desain kayu lebih dominan. Pemandangan yang juga menarik mata ialah terdapat banyak barel di sana. Ya, barel memang identik dengan bir dan wine. Penggunaan barel kayu sudah dikenal sejak lama sebagai tempat penyimpanan minuman beralkohol tersebut.  Tapi barel yang ditemui di sini bukan berfungsi sebagai tempat penyimpanan minuman melainkan tempat duduk alias pengganti kursi dan meja.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Above 5 Sky Bar, Pantai Indah Kapuk

“Konsep yang digunakan memang seperti ini. Mungkin desain dan konsepnya mirip dengan sebagian besar bar kebanyakan yang berada di rooftop. Hanya saja konsep seperti ini masih terbilang baru di kawasan Pantai Indah Kapuk yang memang belum pernah ada,” ungkap Asisten Manager Above 5 Sky Bar, Taufik Irfandadi.

Berbicara usia, Above 5 Sky Bar masih tergolong muda. Tempat ini baru saja dibuka 21 Oktober lalu, tapi sudah menjadi tempat favorit banyak orang. “Kapasitas tempat ini ialah 60-65 orang tapi kerap kali didatangi lebih dari jumlah tersebut saat akhir pekan. Tapi kalau hari biasa, rata-rata pengunjung ialah 30-35 orang,” tambah Taufik.

Yang ditawarkan di sana, simpel saja. Karena berkonsep bar, tempat ini menyajikan varian minuman lebih banyak dibanding menu makanannya. Mulai dari soft drink, cocktail, mocktail, long drink dan beer disediakan di sini. Sedangkan untuk menu makanan, Above 5 Sky Bar hanya menyediakan makanan-makanan yang cenderung ringan seperti kentang goreng, sosis panggang dan juga aneka burger.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Bartender sedang menyajikan Flaming Lamborghini

“Salah satu minuman favorit di sini ialah  flaming Lamborghini. Penyediaan flaming Lamborghini yang disertai dengan atraksi bartender kerap membuat orang terkesan,” katanya lagi.

Flaming Lamborghini adalah sejenis cocktail yang berisi campuran kahlua, sambuca, bailey, dan blue curacao yang mengandung jenis alkohol yang mudah terbakar dan memang dibakar di depan pelanggan sebagai bagian dari atraksi bartender. Jangan khawatir, api yang menyala dari alkohol hanya dekorasi dan tidak mengubah rasa minuman sama sekali. Walaupun, saat menikmatinya harus segera dihabiskan karena suhu minuman cepat panas dan lama-kelamaan sedotan digunakan menjadi mudah terbakar.

Bila beruntung, tanpa memesan cocktail tersebut, bartender akan menampilkan atraksi kejutan di hadapan pengunjung disertai dengan hentakan musik yang seirama. “Atraksi bartender tidak setiap hari dilakukan, kalau pengunjung beruntung mereka bisa melihatnya gratis,” ungkap Taufik lagi.

Sedangkan untuk menu makanan,Kimchi Pork Belly Burger dan Mighty 5 Burger menjadi favorit. Bila ingin yang lebih ringan lagi, Anda juga dapat memesan kentang goreng saja atau 40 cm beef sausage yaitu sosis berukuran 40 centimeter yang dipanggang.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Mighty 5 Burger

“Kimchi Pork Belly ini unik, banyak yang menyukainya. Isi burgernya ialah irisan daging babi bagian perut bercampur kimchi yaitu sawi yang sudah dimarinasi dan tak lupa ada salad tambahan. Rasanya asam, pedas dan segar,” tuturnya.

Sedangkan Mighty 5 bisa dibilang merupakan menu combo di mana daging sapi panggang Australia yang tebal ditambah telur mata sapi setengah matang, salad, pork bacon, lelehan keju cheddar, saus barbeque dan mayo dapat dinikmati secara bersamaan dalam setangkup burger. Bagi yang tidak mengonsumsi pork bisa memesan Simply Grill Burger yang sekilas mirip dengan Mighty 5 hanya saja tak ada pork bacon di dalamnya.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Shoestring Fries & Potato Wedges

Kisaran harga minuman di sini bervariasi. Untuk aneka mocktail dihargai Rp 35.000 sedangkan cocktail mulai dari Rp 83.000. Lain lagi dengan beragam menu burger tadi, Anda dapat menikmatinya dengan varian harga mulai dari Rp 55.000 untuk menemani malam Anda yang panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com