Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Wisatawan, KAI Buka Jalur Wisata Ambarawa-Tuntang

Kompas.com - 28/12/2014, 13:44 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Upaya menarik wisatawan pada libur natal 2014 dan tahun baru 2015 dilakukan dengan beragam hal. Salah satu upaya itu dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan membuka paket wisata kereta uap dari Stasiun Ambarawa, Kabupaten Semarang menuju Stasiun Tuntang.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Suprapto mengatakan pembukaan paket wisata demi menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengoptimalkan hari liburnya. KAI membuka jalur paket wisata itu mulai hari ini, 28 Desember hingga 5 Januari 2015. "Kami buka secara reguler tiga kali sehari, dari Ambarawa ke Tuntang," ujar Suprapto, Minggu (28/12/2014).

Paket wisata selama sepekan itu dibuka tiap hari di Stasiun Ambarawa pada tiga sesi. Yakni, pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB dan 13.00 WIB. Tiap perjalanan yang dipatok, gerbong kereta mampu mengangkut 150 tempat duduk. "Tiket yang kami patok Rp 50.000 per orang. Kami berharap paket wisata ini dapat menampung animo masyarakat yang ingin merasakan perjalanan wisata kereta api," tambahnya.

Namun, tarif Rp 50.000 untuk jarak Ambarawa hingga Tuntang dinilai terlalu mahal. Terlebih jarak tempuh antara dua wilayah tersebut terlampau dekat. Semestinya, tarif yang diberlakukan kepada calon penumang bisa lebih terjangkau. "Tiketnya kemahalan untuk trip Ambarawa-Tuntang. Jangan atas nama heritage bisa menentukan tarif seenaknya," ujar salah satu warga, Munir.

Untuk itu, Munir meminta tiket bagi warga lokal bisa lebih merakyat. Dia ingin agar wisatawan domestik bisa berwisata dengan dana terjangkau. "Mungkin tarif itu bagus jika untuk wisatawan asing," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com