Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Sumut Promosikan Danau Toba di Bali

Kompas.com - 01/01/2015, 09:06 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

TUBAN, KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Utara gencar mempromosikan Danau Toba seperti yang terlihat dalam acara Timeless Indonesia Festival (TIF) 2014. Festival budaya yang mengawinkan musik, tari, kuliner, busana, kerajinan, dan barang antik ini berlangsung sejak 24 Desember hingga 31 Desember 2014, di Pantai Kelan, Kabupaten Badung, Bali dan menampilkan performa seni dari 7 provinsi di Indonesia.

"Kami sangat mendukung program promosi dan pengembangan pariwisata Sumatera Utara yang pemerintah daerahnya juga para pelaku industri pariwisatanya tengah gencar mempromosikan Danau Toba sebagai ikon wisata mereka. Bali adalah jendela pamernya Indonesia," kata Presdir PT Konderatu Duta Nusantara sekaligus penggagas festival, Herlinda Siahaan, di Tuban, Bali, Rabu (31/12/2014).

Herlina menyampaikan, TIF memanfaatkan Bali sebagai etalase untuk memajang daya tarik tujuh provinsi tersebut. Masing-masing provinsi diberi waktu sehari untuk tampil. Tak terkecuali Sumatera Utara.

TRIBUN MEDAN / RISKI CAHYADI Tari Sepuluh Etnis dibawakan dalam penutupan Festival Danau Toba 2014 di Balige, Kabupaten Tobasa, Minggu (21/9/2014).
"Kami bangga bisa mendukung program promosi wisata Sumatera Utara melalui Timeless Indonesia Festival tahun ini, melihat banyaknya wisawatan mancanegara yang hadir dan senang menikmati penampilan mereka," ungkap perempuan berdarah Batak ini.

Danau Toba adalah salah satu dari dua obyek wisata unggulan nasional dari Sumatera Utara, dan TIF diharapkan mampu mengangkat citra pariwisata Sumatera Utara, selain Festival Danau Toba (FDT) yang merupakan agenda tahunan, sekaligus menambah destinasi wisata nasional yang digemari selain Bali. Dengan sajian kesenian Sumatera Utara saat pergantian tahun diharapkan memberikan kesan mendalam buat penonton, khususnya wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com