Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Terhindari dari Stres Pasca-liburan

Kompas.com - 03/01/2015, 18:08 WIB
LIBURAN yang sehat akan menyegarkan jiwa dan kita pun kembali ke kegiatan sehari-hari dengan semangat baru. Namun bila kita kehilangan kendali diri saat liburan, seperti bersantap apa saja tanpa memikirkan kesehatan, habiskan uang tanpa berpikir. Akibatnya, kesehatan memburuk, pengeluaran membengkak, dan akibat lebih lanjut adalah stres pasca-liburan. Berikut ini adalah beberapa tips agar terhindari dari stres pasca-liburan.

1. Jika hendak melakukan liburan panjang, persiapkan dengan matang termasuk anggarannya. Untuk yang satu ini, siapkan dengan cukup detail, termasuk mempersiapkan biaya tak terduga.

2. Jangan ragu mengerem diri dan anak-anak bila sudah melampaui budget di tengah-tengah liburan.

3. Jika kondisi keuangan tidak memungkinkan, tidak perlu berutang sana-sini atau mengandalkan kartu kredit untuk liburan. Banyak ide liburan menarik yang murah meriah.

4. Siap-siap adanya perbedaan pendapat dengan anggota keluarga atau teman-teman saat liburan. Sebaiknya sudah disepakati sedari awal beberapa hal penting seperti pilihan obyek wisata yang hendak dikunjungi.

5. Jika Anda merasa sulit mentoleransi perbedaan karakter, sebaiknya berlibur hanya dengan teman-teman yang sudah Anda kenal dengan baik. Liburan dapat menimbulkan stres dan menciptakan hubungan yang tidak baik ketika Anda kesulitan beradaptasi dengan karakter teman-teman baru.

6. Kenali lingkungan yang akan Anda kunjungi, misalnya sedang musim apa sebuah daerah pada saat Anda datang. Dengan demikian Anda dapat mempersiapkan pakaian yang tepat atau hal-hal lain yang diperlukan.

7. Jaga kesehatan selama liburan. Jangan menyantap makanan yang seharusnya dipantang hanya karena sedang liburan. Sedapat mungkin jangan mengubah jadwal makan dan tidur karena dapat menganggu ketahanan tubuh.

8. Persiapkan diri dengan obat-obatan yang biasa dikonsumsi dan perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Nah, itu tadi beberapa tips agar terhindari dari stres pasca-liburan. Semoga bermanfaat. (Birgitta Ajeng)

Tulisan ini ditulis oleh Ester Lianawati, psikolog di Paris, dan Yds. Agus Surono. Tulisan ini dimuat di Majalah Intisari edisi Extra November 2013 dengan judul asli Kita Semua Butuh Liburan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com