Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jambi Akan Kembangkan Wisata Sungai Batanghari

Kompas.com - 12/01/2015, 11:23 WIB
JAMBI, KOMPAS.com - Provinsi Jambi akan mengembangkan Wisata Sungai Batanghari sebagai ikon Jambi. Hal itu disampaikan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus saat menikmati matahari terbenam (sunset) di kawasan Tanggo Rajo, tepian Batanghari, Minggu (11/1/2015).

Ditemani Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ridham Priskap dan beberapa pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Hasan Basri mengaku nyaman menikmati sunset di kawasan wisata yang menjadi kebanggan masyarakat Jambi ini, Gubernur terlihat santai bercengkrama dengan Sekda dan beberapa SKPD sembari menyantap sate padang dan jagung bakar.

Menurut Gubernur, ke depan kawasan Tanggo Rajo bakal ditata sedemikian rupa sehingga lebih nyaman dan mampu menarik wisatawan untuk bersantai dan melepas penat menikmati pemandangan sungai Batanghari, ditambah adanya Jembatan Pedestrian dan menara Gentala Arasy di sisi seberang Kota Jambi.

"Ke depan memang kita akan mengembangkan Wisata Sungai Batanghari, apalagi dengan adanya jembatan pedestrian dan menara Gentala Arasy dengan museum di bawahnya, kita harapkan nanti jadi ikon jambi. Masyarakat Jambi bisa duduk pada sore hari, termasuk juga olahraga di waktu pagi melewati jembatan pedestrian. Nanti akan kita rapikan lagi yang di bawah, termasuk keramik-keramik yang sudah retak termasuk juga turap-turap," kata Hasan Basri.

Tahun 2015 Pemerintah Provinsi Jambi berencana memasang lampu di Jembatan Gentala Arasy. Pemasangan lampu nanti, menurut Gubernur Jambi, akan menambah cantik dan indah pemandangan jembatan yang didesain menyerupai huruf S ini.

"Lampu belum kita selesaikan, kalau selesai nanti jembatan ini akan terang benderang pada malam hari, kabel itu warna-warni berbeda-beda indah sekali kalau malam," katanya.

Jembatan ini diharapkan mampu menambah referensi masyarakat Jambi dan wisatawan luar untuk berekreasi diyakini juga akan menggeliatkan perekonomian masyarakat.

Belum diresmikan saja pedagang dan juga masyarakat khususnya di seberang Kota Jambi sudah merasakan dampaknya, di mana setiap sore hari lokasi menara Gentala Arasy di Seberang Kota Jambi dikunjungi banyak orang.

Selain itu, warga sekitar pun telah memanfaatkannya dengan mendirikan warung-warung makanan di sekitar lokasi, apalagi nanti di kawasan Gentala Arasy juga akan dikembangkan kuliner khas Jambi dan juga UMKM.

"Berapa besar dampak ekonomi yang maju belum kita hitung, tetapi itu yang kita harapkan ekonomi masyarakat berkembang mereka memanfaatkan suasana, banyak dagangan yang laku. Saya pikir juga nanti di Gentala Arasy semakin ramai, setiap sore banyak orang ke sana," kata Gubernur Jambi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com