Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biak Siapkan Rp 7 Miliar Bangun Kampung Wisata

Kompas.com - 12/01/2015, 19:10 WIB
BIAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan anggaran Rp 7 miliar untuk membangun insfrastruktur kampung wisata di Kepulauan Samberpasi tahun ini.

Pelaksana Tugas Bupati Biak Numfor, Thomas Ondy pada rakerda pembangunan berkelanjutan di Biak, Senin (12/1/2015) mengatakan anggaran yang dialokasikan Pemkab Biak Numfor untuk membangun sarana dan prasarana kampung wisata Samberpasi, Kepulauan Distrik Aimando Padaido.

"Prasarana yang akan dibangun berupa jalan lingkungan, drainase, lampu jalan, marina, penginapan, bedah rumah, pondok informasi wisata, ruang serbaguna serta sarana wisata bahari rubberboat, jet ski, peralatan selam, klinik dan playground," katanya.

Sementara insfratsruktur lain yang akan dibangun di kampung wisata itu, menurut Thomas Ondy, adalah sarana pendidikan, pengembangan usaha kecil menengah serta pengembangan kampung nelayan Pasi dan Samberpasi.

Thomas mengatakan dengan adanya fasilitas pariwisata dan perikanan diharapkan kampung wisata Samberpasi menjadi daerah tujuan wisatawan untuk berlibur dengan menikmati keindahan alam laut dan sekitarnya.

Harapan pemkab ke depan dengan kampung wisata Samberpasi itu, lanjut Thomas, dapat memberikan pemasukan dari sektor pariwisata dan perikanan kepada daerah. "Pemkab Biak Numfor berharap semua elemen masyarakat mendukung program sektor pariwisata dan perikanan dalam rangka mengimplementasikan sektor kemaritiman yang menjadi program pemerintahan Presiden Jokowi," katanya.

Berdasarkan data, Kepulauan Padaido dan Aimando merupakan daerah kawasan taman laut yang menyimpan beragam potensi sumber daya alam laut dan perikanan sehingga menjadi daya tarik wisata untuk menyelam atau diving.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com