Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaring Turis Tiongkok Lewat "Online"

Kompas.com - 15/01/2015, 22:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan perhatian serius dalam terobosan promosi menggunakan jalur digital (online) untuk pasar Tiongkok. Berbagai kegiatan seperti mobile apps, digital campaign, interactive campaign, dan viral marketing (Facebook, Twitter, Youtube, blog, dan lainnya) akan digencarkan. Promosi digital mempunyai pengaruh yang kuat serta memiliki jangkauannya luas serta cepat dapat direalisasikan dengan  anggaran yang relatif murah.
 
“Ternyata 70 persen wisatawan RRT, untuk mendapatkan informasi mengenai Indonesia, mereka peroleh dari internet. Ini merupakan tantangan bagi kita untuk menggecarkan strategi promosi pariwisata melalui media digital,” kata Arief yang baru-baru ini melakukan kunjungan ke RRT, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/1/2014).
 
Selain promosi dan pemasaran, Arief juga memberi perhatian serius terhadap aksesibilitas terutama penerbangan langsung (direct flight) dari kota-kota besar RRT seperti Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Ningbo, Hangzhou, Nanjing, dan kota besar lainnya sebagai 10 secondary cities.
 
Kementerian Pariwisata RI dan China National Tourism Administration (CNTA) bertekad untuk meningkatkan kunjungan wisatawan imbal balik hingga 2 juta wisatawan pada akhir 2015. Tekad ini merupakan semangat bersama yang telah dituangkan dalam MoU Kerjasama Pariwisata kedua negara.
 
Pada Januari hingga November 2014 jumlah kunjungan wisman RRT ke Indonesia sebanyak 883.725 wisman atau menempati urutan ke-4 teratas setelah wisman dari Singapura sebanyak 1,32 juta, Malaysia 1,12 juta, dan Australia 996.032 wisman.
 
Kunjungan wisman RRT ke Indonesia rata-rata 4 hingga 5 hari dengan pengeluaran sekitar 100 hingga 110 dolar AS per hari, sementara waktu berlibur umumnya mereka memilih pada musim liburan panjang seperti; hari raya Imlek, musim liburan sekolah pada Juni-Juli, liburan Hari Buruh (Labour Day), dan liburan Golden Week yang berlangsung pada Oktober. (Puskompublik)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com