Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Tamu Memilih, Accor Bangun Dua Hotel dalam Satu Lokasi

Kompas.com - 21/01/2015, 09:44 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ingin mencapai sebuah daerah, kerap kali kita dibingungkan dengan banyaknya pilihan hotel. Lalu pilihan itu akan dikerucutkan lagi pada brand atau operator hotel yang sudah dipercaya. Hanya saja, kadang brand tidak sesuai dengan anggaran yang ada. Alih-alih memikirkan hal tersebut, Accor, salah satu operator hotel mulai menerapkan multi-branded "combo-concept" yaitu penggabungan dua atau lebih hotel di lokasi yang sama.

"Kami sadar, kadang terdapat dua segmen pasar dalam satu lokasi. Kami menangkap peluang itu. Misalnya saja pada area bandara, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa segmen pasar sesuai kebutuhan. Mereka yang hanya ingin istirahat saat transit dengan dana terbatas akan memilih hotel ekonomis, sedangkan mereka yang memiliki waktu santai lebih lama dan juga anggaran yang cukup akan memilih kelas hotel yang lebih tinggi," ungkap Chief Operation Officer Accor Malaysia, Indonesia and Singapore, Gerard Guillouet, Selasa (20/1/2015) saat mengumumkan telah membuka ibis Styles dan ibis budget dalam satu kawasan yakni di Bandara Soekarno-Hatta.

Konsep ini menurut Gerard, memang sedang menjadi fokus Accor. Tamu pun akan lebih dimudahkan untuk memilih sesuai anggaran. "Dalam tiga tahun mendatang, Accor akan mengembangkan paling tidak 10 multi-branded combo hotel di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya dan Pontianak," katanya.

Dimulai sejak tahun 2014 lalu, konsep ini bermula dari pembangunan Novotel dan ibis di Balikpapan, lalu diikuti dengan berdirinya Novotel dan ibis Solo. "Inilah purwarupa pertama combo-hotel concept yang menggabungkan brand upper-midscale Novotel dan brand ekonomi ibis yang beroperasi dalam satu lokasi yang sama. Kemudian menyusul ibis budget Semarang yang dibangun berdampingan dengan hotel yang sudah beroperasi sebelumnya, Novotel Semarang. Begitu juga dengan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square yang akhirnya terletak bersebelahan dengan Novotel Jakarta Mangga Dua Square," jelasnya.

Pengembangan ini akan berlanjut, dengan rencana pembangunan hotel yang sudah menjadi proyek selanjutnya. "Melihat potensinya, hotel dengan combo-concept membuat pelanggan setia kami memiliki pilihan saat berada di suatu daerah. Untuk itu kita akan tambah hotel-hotel berdampingan lain. Di antaranya, Mercure dan ibis di Bekasi, Mercure dan ibis Samarinda, ibis dan Mercure Jakarta Kota, ibis dan Mercure Pontianak serta Pullman Surabaya Supermall dan ibis Styles Surabaya. Semoga customer dapat lebih leluasa lagi memilih sesuai anggaran mereka," tutup Gerard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com