Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Sumba untuk Pasola? Ini Jadwalnya...

Kompas.com - 23/01/2015, 17:05 WIB
KOMPAS.com - Satu minggu setelah bulan purnama di bulan Februari atau Maret, beberapa kampung adat di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, menyelenggarakan ritual perang adat Pasola (Pasola War). Di daerah Sumba, Pasola diadakan di desa-desa yang memiliki kampung adat. Seperti, di daerah Kecamatan Kodi, Wanokaka, Lamboya, dan Gaura. Berikut ini jadwal Pasola yang akan diadakan di daerah Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Di Kecamatan Kodi: Desa Homba Kalayo (10 Februari 2015), Desa Bondo Kawango ( 13 Februari 2015), Desa Rara Winyo (14 Februari 2015). Sedangkan di Kecamatan Kodi Balaghar:  Desa Maliti Bondo Ate ( 11 Maret 2015), Desa Wai Ha (13 Maret 2015), Wainyapu ( 14 Maret 2015).

Pasola sendiri adalah ritual perang adat masyarakat Sumba. Ritual perang adat ini dilakukan di atas kuda yang sedang berlari dengan menggunakan senjata tongkat kayu yang disebut sola. Sola dalam bahasa Sumba adalah tongkat kayu yang digunakan untuk mengendalikan kuda. Sehingga “pasola” berarti perang sola yang dilakukan sambil berkuda. (Sigit Wahyu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com