Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Babel Siapkan 5 Kapal Wisata

Kompas.com - 29/01/2015, 13:22 WIB
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) berencana menyediakan lima unit kapal wisata guna meningkatkan potensi wisata bahari di daerah itu.

"Pengadaan kapal wisata ini masih wacana dan mudah-mudahan terealisasi pada pertengahan tahun ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Belitung, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Rabu (28/1/2015).

Ia menjelaskan kapal wisata ini akan menyinggahi antara Pulau Belitung dengan Pulau Bangka di daerah kawasan Selatan, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan laut di daerah itu.

"Wisatawan dapat berwisata mancing, diving dan menikmati keindahan alam di pulau-pulau kecil di daerah selatan Bangka Belitung," ujarnya.

Pengadaan kapal wisata ini, menurut Tajuddin, akan berdampak baik terhadap perkembangan dan peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, karena alam laut yang dikelilingi pulau-pulau kecil memiliki keindahan eksotis untuk dinikmati wisatawan.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Suasana Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (12/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik.
"Wisata mengelilingi pulau-pulau kecil, memancing, diving masih baru dan wisata ini akan terus dikembangkan, karena potensinya sangat besar untuk menjadikan daerah destinasi wisata di Indonesia," ujarnya.

Babel merupakan sebuah provinsi kepulauan yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pongok, Mendanau dan Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

"Mudah-mudahan dengan adanya pengembangan wisata bahari ini, menjadi nilai tambah bagi wisatawan untuk mengunjungi daerah berjulukan Laskar Pelangi ini," kata Tajuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com