Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangka Belitung Siapkan Wisata Gerhana Matahari

Kompas.com - 30/01/2015, 15:02 WIB
BANGKA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan memanfaatkan fenomena gerhana matahari total pada tahun 2016 menjadi agenda pariwisata. Sejumlah persiapan akan mulai dilakukan mulai tahun ini.

Menurut pengamatan Boscha Bandung Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada tanggal 9 maret 2016 melintasi 7 wilayah ProVinsi di Indonesia, antara lain Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Wilayah Bangka Belitung yang akan dilalui GMT adalah di wilayah Tanjung Pandan Belitung.

"Momentum GMT tahun 2016, diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Tajuddin kepada Bangkapos.com, Kamis (29/1/2015).

Gerhana Matahari Total adalah peristiwa alam yang terjadi saat matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus. Akibat posisi itu akan tercipta wilayah di bumi yang benar-benar tak bisa melihat matahari dalam beberapa menit, wilayah itu dikatakan masuk dalam bayangan inti (Umbra).

Fenomena alam seperti itulah yang akan di alami wilayah Tanjung Pandan yang di lintasi Gerhana Matahari Total tanggal 9 maret 2016 mendatang, sekitar 2 menit akan menghadirkan suasana gelap disiang hari di negeri laskar pelangi itu.

"Peristiwa GMT ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku wisata di Bangka Belitung untuk berjualan mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," kata Tajuddin. (Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com