Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Nasional Tetap Menarik bagi Wisatawan

Kompas.com - 31/01/2015, 10:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Nasional tetap menarik bagi wisatawan domestik dan mancanegera untuk mencari pengetahuan tentang sejarah zaman dahulu dan sekaligus berlibur. Lantai 4 yang merupakan ruang khasanah emas dan keramik adalah ruang yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Ruang Khasanah emas dan keramik ini merupakan salah satu ruang pameran Museum Nasional yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena di dalam museum tersebut terdapat emas dan keramik, yang merupakan peninggalan dari pusaka kerajaan di Nusantara dari abad ke 16-20 Masehi.

Salah seorang satpam yang bertugas di sana, Joko Waskito (34), Kamis (29/1/2015) mengatakan bahwa para pengunjung tidak diperkenankan memotret apa pun yang terdapat di ruang tersebut, karena hal itu akan mempengaruhi bahkan dapat mengurangi kadar emas pada peninggalan-peninggalan yang terdapat di sana.

Perhiasan yang terdapat di ruang pameran tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terutama pengunjung yang berasal dari luar negeri. Oleh sebab itu ruangan ini banyak dikunjungi wisatawan.

Tidak hanya emas dan perhiasan tetapi di ruangan ini juga terdapat beberapa macam keramik, hampir di seluruh Indonesia ditemukan keramik, antara lain di daerah percandian, pemukiman penduduk, dan bahkan ada yang ditemukan di dalam laut.

KOMPAS.com/Dhanang David Aritonang Turis domestik di Museum Nasional, Jakarta.
Selain di ruang pameran emas dan keramik ini juga terdapat ruang-ruang lain nya seperti ruang manusia dan lingkungan, di ruangan ini banyak dikunjungi oleh murid sekolah dasar maupun murid sekolah menengah dan menengah atas, di ruang ini dimanfaatkan murid-murid untuk belajar sejarah.

"Saya di sini lagi ada tugas sekolah tentang menjelaskan macam-macam bentuk sejarah zaman dahulu, terus nanti direkam dan di tampilkan di sekolah" ujar Sindi (16), salah seorang pelajar di SMK Hangtuah 1 Jakarta Utara.

Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat mulai dibuka pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB dan khusus pada hari Sabtu dan Minggu tutup pada pukul 17.00 WIB, sedangkan pada hari Senin museum tutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com