Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Tiongkok Mulai Ramai ke Sulawesi Utara

Kompas.com - 04/02/2015, 08:32 WIB
MANADO, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada bulan Desember 2014 didominasi oleh warga Tiongkok. "Wisman Tiongkok paling banyak datang berkunjung ke Sulut di bulan Desember 2014," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut, Faizal Anwar, di Manado, Selasa (3/2/2015).

Dia mengatakan wisman asal Tiongkok yang datang ke Sulut melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi sebanyak 315 orang.

Kemudian, katanya, disusul oleh Singapura sebanyak 194 orang, Amerika Serikat 108 orang, Jerman 98 orang, Jepang 84 orang, Hongkong 50 orang, Inggris 46 orang dan sisanya dari berbagai negara di Asia dan Eropa. (Baca: Yuk, Menyelami Keelokan Alam Manado)

Pada bulan Desember 2014, lanjut Faizal, wisman yang berkunjung ke Sulut sebanyak 1.492 orang yakni turun 0,53 persen jika dibandingkan posisi yang sama tahun lalu sebanyak 1.500 orang.

Penurunan kunjungan wisman ini, menurut Faizal, perlu ada perhatian dari pemerintah dengan lebih meningkatkan promosi dan menggenjot sektor pariwisata seperti tahun-tahun sebelumnya dalam menyambut kegiatan internasional.

Namun, secara bulanan kunjungan wisman meningkat sebesar 58,22 persen yakni dari 948 orang pada November menjadi 1.492 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com