Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asita Bali Harapkan Kunjungan Turis Tiongkok Meningkat di Hari Imlek

Kompas.com - 09/02/2015, 20:59 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan asal Tiongkok diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali pada momen perayaan Imlek. Imlek adalah libur panjang bagi warga di Tiongkok yang dimanfaatkan untuk berwisata ke luar negeri salah satu destinasi favorit mereka adalah Bali.

“Sudah pasti baguslah momen imlek. Memang kalau di Tiongkok itu saat Imlek mereka traveling, salah satu destinasi wisata favoritnya adalah Bali,” kata Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bali, Ketut Ardana kepada Kompas.com, di Denpasar, Bali, Senin (9/2/2015).

Ardana menyampaikan bahwa momen Imlek inilah yang harus dimanfaatkan pariwisata di Bali. Namun sayangnya, perbandingan jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berlibur ke Indonesia khususnya ke Bali saat Imlek masih terbilang cukup kecil. Dari 100 juta wisatawan Tiongkok yang berlibur ke luar negeri, Bali hanya tidak lebih dari satu juta orang saja.

“Ke Bali masih sedikit, tidak lebih dari satu juta. Ini yang harus dipikirkan bersama untuk mendongkrak kunjungan wisatawan asal Tiongkok itu. Harus dicari tahu apa yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Data dari BPS yang dirilis, pada 2014 tercatat wisatawan Tiongkok berjumlah 586.300 orang dan merupakan urutan kedua setelah Australia. Walaupun urutan kedua tapi mengalami peningkatan yang signifikan daripada tahun sebelumnya sebanyak 51,29 persen. Dengan perkembangan yang baik ini, diharapkan terus mengalami peningkatan, terutama pada momen-momen tertentu yang menarik minat wisatawan khususnya Tiongkok seperti Hari Raya Imlek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com