Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Perahu Ketinting, Gesit dan Lincah...

Kompas.com - 23/02/2015, 12:19 WIB
SENYUM cerah menghiasi wajah Sulianto (38) saat panitia menyebut namanya menyabet juara pertama untuk lomba perahu ketinting kelas 6 PK sport. Sebagai juara, Sulianto berhak mendapatkan uang Rp 3,5 juta dari panitia.

Penampilan Sulianto memang beda dibandingkan dengan peserta lain yang mengikuti lomba ketinting yang digelar PT Sumber Kharisma Persada (SKP) dan PT Citra Narada Lestari (CNL), anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, Minggu (15/2/2015) di dermaga PT SKP, Desa Peridan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Sulianto, salah satu peserta lomba perahu ketinting yang digelar PT Sumber Kharisma Persada dan PT Citra Narada Lestari, anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, Minggu (15/2/2015) di dermaga PT SKP, Desa Peridan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Tubuh laki-laki langsing yang berprofesi sebagai nelayan ini dibalut pakaian serba hitam tak ubahnya atlet renang. Perutnya dibalut stagen yang terlilit dengan ketat. "Ini (stagen) untuk menahan perut dari getaran perahu saat melaju kencang," ujarnya.

Selain nelayan, Sulianto juga salah satu anggota tim Benoa Pendopo Sejahtera (BPS) yang rutin mengikuti acara lomba ketinting. "Kalau di Tenggarong (Kabupaten Kutai Kartanegara) rutin digelar lomba ketinting. Di sini (dermaga PT KSP) baru pertama kali," katanya.

Tercatat sebanyak 35 peserta mengikuti lomba perahu ketinting setelah sehari sebelumnya (Sabtu, 14/2/2015), PT SKP dan PT CNL yang memiliki areal perkebunan kelapa sawit seluas 8.630 ha ini menggelar lomba sumpit. Lomba ketinting yang diikuti warga se Kecamatan Sangkulirang tersebut dibagi dalam tiga kategori yakni kelas 6 PK standar, kelas 6 PK sport dan kelas bebas.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Para peserta lomba perahu ketinting (jongkok) yang digelar PT Sumber Kharisma Persada dan PT Citra Narada Lestari, anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, Minggu (15/2/2015) di dermaga PT SKP, Desa Peridan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Warga di sekitar perkebunan kelapa sawit PT SKP dan CNL terlihat antusias mengikuti lomba ketinting. Dermaga PT KSP dipadati penonton yang ingin menyaksikan lomba perahu khas Kalimantan ini. Kecamatan Sangkulirang terdiri dari 15 desa dan berpenduduk 18.000 jiwa.

Syahril dan Rusli, warga Desa Mandu Pantai Sejahtera terlihat gembira bisa menyaksikan lomba ketinting. "Di sini baru pertama kali diadakan lomba. Kalau di tempat lain sudah sering," kata Rusli. "Kekuatan mesinnya cuma 6 PK, tapi mesinnya sudah dimodifikasi sehingga larinya kencang," sambung Syahril.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Salah satu peserta lomba perahu ketinting sedang beraksi. Lomba ketinting digelar oleh PT Sumber Kharisma Persada dan PT Citra Narada Lestari, anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, Minggu (15/2/2015) di dermaga PT SKP, Desa Peridan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Nyoman Sukram, Kepala Administrator PT SKP dan PT CNL mengakui lomba sumpit dan ketinting adalah salah satu upaya pihaknya untuk terus melestarikan tradisi dan budaya warga sekitar kebun agar tetap bertahan dan semakin berkembang. "Mari lestarikan keberadaan sumpit dan ketinting demi anak cucu kita kelak," kata Nyoman.

Fenny A Sofyan, Public Relation PT Astra Agro Lestari Tbk mengatakan lomba sumpit dan ketinting yang digagas PT SKP dan PT NCL bertujuan untuk mempertahankan tradisi yang turun temurun dilakukan di Pulau Kalimantan. Apalagi wisatawan yang datang ke Kalimantan pastinya akan mencari hal-hal unik yang ada di daerah ini. "Dengan semakin seringnya dilakukan lomba sumpit dan ketinting, diharapkan semakin banyak wisatawan berlibur ke Kalimantan," katanya.

Lomba ketinting pun siap-siap dimulai. Penonton mulai menyemut di bibir dermaga. Nyoman Sukram memegang bendera dan mengambil ancang-ancang. "Siap! Tiga, dua, satu. Mulai!" teriak panitia lewat pengeras suara. Bendera pun dikibaskan Nyoman. Lima peserta pertama lomba ketinting langsung melesat melaju membelah ombak di perairan Sangkulirang. Perahu ketinting yang ramping itu seperti terbanting-banting mendapat dorongan mesin berkekuatan 6 PK diiringi raungan mesin yang memekakkan telinga. Yang tak kalah seru adalah pengemudinya dengan gesit dan lincah mengatur keseimbangan badan agar perahu tetap lurus dan melaju kencang.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Salah satu peserta lomba perahu ketinting sedang beraksi. Lomba ketinting digelar oleh PT Sumber Kharisma Persada dan PT Citra Narada Lestari, anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, Minggu (15/2/2015) di dermaga PT SKP, Desa Peridan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Di setiap tikungan berjaga-jaga panitia menggunakan boat syahbandar mengapung di tengah perairan. Saking semangatnya, ada perahu peserta terbalik saat berbelok tajam di bouy yang sudah diberi tanda. Sayang peserta tersebut tidak dapat melanjutkan sisa lomba karena mesin perahu ketintingnya mogok.

Kelas sport diperuntukkan buat peserta yang kerap mengikuti lomba ketinting. Mereka bukan sembarang peserta dan mesin yang digunakan pun sudah dimodifikasi. Fisik mereka sudah teruji dibanting-banting ombak dan terampil mengemudikan perahunya. Kini, selain tetap digunakan sebagai alat transportasi, perahu terbukti sudah menjadi sarana penghibur warga di bumi Borneo melalui lomba ketinting...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com