Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Indonesia Tampil dalam Parade di Orlando

Kompas.com - 26/02/2015, 08:06 WIB
PARADE ini adalah yang pertama kalinya Indonesia mengambil bagian dengan full team. Kita menunjukkan keunikan dan kekhasan daerah bahwa kita adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi, dan untuk itu tak heran dalam acara ini kita mencoba mendesain untuk mewakili dari Sabang sampai Merauke. Dan luar biasa hari ini, baru pertama kali tampil langsung  menjadi rombongan yang terpanjang di antara peserta parade. Kita sangat bangga kita menunjukkan kekayaan budaya Indonesia.

Demikian diungkapkan Kusumo Putri Anglingkusumo, penanggung jawab Indonesian Team  di sela-sela acara “Dragon Parade Lunar New Year Festival  2015” yang berlangsung di Orlando Fashion Square Mall, Orlando, Florida, Amerika Serikat, Minggu (22/2/2015).

Putri yang juga Vice President of  Asian American Heritage Council of Central Florida (AAHC) mengungkapkan kebanggaannya untuk warga Indonesia yang ada di Florida.

"Tak terbayangkan informasi hanya melalui media sosial, ternyata mengundang cukup banyak warga Indonesia untuk berpatisipasi. Hal ini mengungkapkan kecintaan kita kepada tanah air. Suatu kebanggaan bahwa Indonesia bisa bepartisipasi dan berperan aktif dalam  mendukung  dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia di  tingkat international," kata Putri dengan penuh kebanggan dan nada berseri.

Sementara itu, Sandha Patioran, President of VIDA Florida (Voice of Indonesians in Florida), ketika diminta tanggapannya, mengungkapkan rasa kebanggaannya pula.

“Ini suatu prestasi bagi Komunitas Indonesia di Florida, karena tidak hanya menunjukkan bahwa kita mempunyai kekayaan budaya namun yang penting kita berperan aktif, suatu bentuk wujud nyata, sikap toleransi dan dukungan penuh dalam merayakan tahun baru China bersama serta menampilkan Indonesia di acara international. Kita menunjukan bahwa Indonesia itu ada," tegas Sandha.

Dalam acara parade yang di mulai sekitar pukul 11.00 waktu setempat itu semua peserta dari berbagai negara mengambil bagian seperti Vietnam, Tiongkok, Filipina, Thailand, Myanmar, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, dan juga didukung oleh berbagai komunitas Asia di Florida,  REACH of Central Florida (Recognizing Educating Asian Cultural Heritage), Universal Studio, and Y.E.S.S. (Youth Enrichment and Senior Services), dan lain sebagainya.

NANDO WATU Penampilan Indonesia pada Dragon Parade Lunar New Year Festival 2015 di Orlando Fashion Square Mall, Orlando, Florida, Minggu (22/2/2015).
Acara yang diawali dengan parade ini mengundang ribuan warga dari berbagai negara ikut serta dan mengambil bagian. Dalam parade ini warga negara Indonesia menyanyikan berbagai lagu yang membangkitkan rasa nasionalime atau cinta pada tanah air, sperti lagu Indonesia Raya, Halo Halo Bandung, Garuda Pancasila, Garuda di Dadaku, juga lagu lagu yang bernuansa etnik.

"Hari ini Merah Putih berkibar di Orlando. Kami datang untuk pertama kali, dan menjadi rombongan terbesar dari semua peserta parade, paling beragam pakaian daerah nya dari Sumatera hingga Papua dan yang pasti, yang paling heboh riuh rendah," ungkap salah satu peserta parade, Dharma Datubara, yang juga Founder dari Lembaga Non Profit VIDA Florida ini, yang terdaftar resmi di negara bagian Florida sejak tahun lalu.

Senada dengan Dharma, peserta lainnya, Nyai Jaipong mengatakan, “Inilah kita Indonesia, bangga menjadi warga negara Indonesia, sekali pun kita tinggal di negeri orang kita tunjukkan kecintaan dan kekayaan kita. Tetap Indonesia!"

Acara Dragon Parade ini juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan berbagai wilayah dan kekayaannya. Disiapkan pula oleh panita sebuah booth untuk promosi. Komunitas Indonesia menyajikan berbagai informasi menarik terkait informasi  pariwisata Indonesia.

Saya, Nando Watu, asal Flores, Nusa Tenggara Timur yang tengah menempuh pendidikan di Miami Dade College Wolfson Campus Florida senang bercampur bangga bisa bergabung dengan komunitas Indonesia di Florida dan bisa mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya NTT. Saya membawa berbagai informasi pariwisata NTT, dari brosur, pamflet, pin, kalender stiker terkait pariwisata NTT dan syukur banyak yang beminat dan mengambilnya. (Nando Watu, dari Florida, AS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com