Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Museum di Solo Layani Ramalan Zodiak

Kompas.com - 27/02/2015, 16:08 WIB
SOLO, KOMPAS.com — Museum tertua di Indonesia, Radya Pustaka Solo, Jawa Tengah, kini melayani "Ramalan Zodiak Berdasarkan Primbon Jawa" dalam rangka untuk menarik lebih banyak wisatawan, baik mancanegara maupun dalam negeri.

Melalui ramalan zodiak ini, diharapkan akan banyak wisatawan yang datang ke Solo. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Mitra Museum Radya Pustaka Solo Ronggo Djati Sugiatno, di Solo, Kamis (26/2/2015).

Ia mengatakan, pelayanan ramalan zodiak itu diberikan pada setiap hari kerja, yaitu Selasa sampai Minggu, yang dibuka dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB, sementara Senin libur.

Ramalan zodiak ini mencakup layanan mengenai perbintangan, sampai mencari hari baik untuk orang akan mengadakan acara, seperti pernikahan, mendirikan rumah, dan membuka usaha.

"Memang semua hari itu baik, tetapi ada yang lebih baik lagi bagi mereka yang percaya dengan perhitungan ramalan zodiak," katanya.

Ronggo mengatakan, ramalan zodiak ini tidak menyangkut hal tersebut saja, tetapi juga bisa untuk para petani yang akan memulai menanam padi, jagung, dan lain-lain. Ramalan itu ada di buku Among Tani dengan tulisan bahasa Jawa tahun 1870.

Ia mengatakan, naskah-naskah Jawa kuno yang tersimpan di Museum Radya Pustaka ini berjumlah cukup banyak. Naskah-naskah tersebut satu per satu mulai dipelajari dan dimanfaatkan untuk masyarakat.

Ketua Komite Museum Radya Pustaka Solo Purnomo Subagio mengatakan, museum ini mempunyai koleksi naskah kuno 377 buah dan naskah Jawa cetak 1.054 buah. Sebagian besar masih tersimpan rapi di lemari buku, dan isi naskah tersebut belum banyak diungkap.

"Kami berharap, melalui kegiatan-kegiatan tersebut, sedikit-sedikit bisa diungkap. Bagi mereka yang percaya, silakan untuk datang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com