Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Keindahan Pantai di Jember

Kompas.com - 04/03/2015, 10:53 WIB
MENYUSURI keindahan Kabupaten Jember, Jawa Timur, seakan kurang lengkap apabila tidak menyambangi beragam pantai yang terkenal dengan karakteristik pantai yang memesona. Kota yang bukan hanya dikenal dengan fashion carnival saja, melainkan potensi wisata yang luar biasa kerap dikunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara.

Jarak antara pantai satu dengan yang lainnya pun tidak terlampau jauh, cukup menghabiskan kurang dari 20 menit, anda pun bisa menikmati karakter atmosfer pantai yang berbeda-beda.  Dalam waktu satu hari saja, anda pun bisa menikmati ketiga pantai ini.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Payangan di Jember, Jawa Timur.
Pantai Payangan

Pantai Payangan merupakan salah satu spot pantai yang indah di Kabupaten Jember. Pantai yang mulai mendapat perhatian dan kunjungan oleh para wisatawan ini ternyata tak kalah menarik. Panorama bibir pantai yang dilihat dari ketinggian menjadi khas dari pantai Payangan ini.

Warna-warni perahu nelayan yang tengah bersandar di bibir pantai, hutan mangrove dan padang savana mini yang terhampar menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Payangan ini.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Watu Ulo di Jember, Jawa Timur.
Pantai Watu Ulo

Tak jauh dari pantai Payangan sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor, pasir hitam yang terhampar sepanjang bibir pantai Watu Ulo juga merupakan destinasi pantai yang menarik. Nama pantai Watu Ulo berasal bahasa Jawa yakni “batu ular” tersusun memang layaknya batu berbentuk ular.

Tetapi, susunan batu yang seakan berbentuk ular itu mulai terkikis oleh ombak laut selatan yang terkenal besar. Yang sebelumnya, terlihat Watu Ulo tampak memanjang menjorok ke arah lautan, tetapi saat ini mulai mengalami pengikisan. Seharusnya, pengelola memberikan batas penerjang ombak agar kelestarian Watu Ulo terus terjaga.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Papuma di Jember, Jawa Timur.
Pantai Papuma

Nah, hanya berbeda perbatasan jembatan saja, berjalan hanya sekitar 5 menit Pantai Papuma yang merupakan salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Jember akan menyambut anda. Hanya dengan membayar Rp 15.000 per orang, anda pun bisa menikmati keindahan bibir pantai berpasir putih diselimuti gugusan karang-karang raksasa yang tersebar di sepanjang pantai.

Pesona keindahan pantai Papuma lebih tepat dinikmati sewaktu matahari tenggelam di Siti Inggil. Anda tinggal menaiki bukit selama 10 menit untuk melihat Lembayung merah berpadu dengan birunya langit dan ombak laut selatan yang menghantam karang dari ketinggian.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Papuma di Jember, Jawa Timur.
Usai menikmati keindahan fenomena alam matahari tenggelam, rumah makan spesialis seafood Ibu Umi, dapat menggugah hasrat makan anda. Ikan bakar, udang asam manis dan menu lainnya dapat anda pesan dengan harga yang berkawan tentunya. (SENDY ADITYA SAPUTRA)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com