Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Warsawa Gandeng Garuda Gaet Wisatawan Polandia

Kompas.com - 07/03/2015, 10:15 WIB
LONDON, KOMPAS.com - KBRI Warsawa menggandeng Garuda Indonesia dan tiga tour operator Polandia untuk memasarkan potensi pariwisata Bali dan Lombok pada pameran Tour Travel Wroclaw (MTT Wroclaw) di Wroclaw, Provinsi Lower Silesia, sekitar 359 km dari kota Warsawa.

"Keikutsertaan KBRI Warsawa itu untuk mendukung capaian target pemerintah dalam menarik kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia sebesar 20 juta orang," kata Fungsi Politik dan Penerangan Minister KBRI Warsawa Counsellor Bambang Prihartadi kepada Antara London, Rabu (5/3/2015). (Baca: Bali Incar Wisatawan Tiongkok dan Eropa)

Pameran pariwisata MTT Wroclaw diikuti 200 peserta di antaranya dari Austria, Ceko, Italia, Jerman, Amerika Serikat, Maladewa, Sri Lanka, Slovakia, dan Hongaria, yang dibuka Wakil Menteri Pariwisata dan Olah Raga, Tomasz J'drzejczak dihadiri sekitar 8.000 pengunjung.

Hadir dalam acara pembukaan pameran yang berlangsung di kota Wroclaw, yang berjarak 345 dari Berlin, Marshall Provinsi Lower Silesia atau Ketua DPRD Cezary Przybylski; Ketua Polish Chambers of Tourism, Pawe Niewiadomski; dan President MTT Wroclaw, Przemysaw Bandura. (Baca: Membidik Turis Kapal Pesiar dari Eropa dan AS)

Duta Besar RI di Warsawa Peter F Gontha mengatakan tujuan mengikuti pameran tersebut adalah mempromosikan pariwisata Indonesia di Polandia dan diharapkan jumlah wisatawan Polandia yang berwisata ke Indonesia meningkat.

Gerai Indonesia dikunjungi sekitar 2.000 orang, yang ingin mengetahui lebih mendalam mengenai pariwisata Indonesia. Umumnya mereka menanyakan obyek wisata di Indonesia, khususnya wisata alam dan pantai. Ada pengunjung yang pernah ke Indonesia dan ingin berwisata kembali ke Indonesia pada liburan musim panas 2015.

Di sela pameran, KBRI mengadakan workshop mengenai Potensi Pariwisata Indonesia yang disampaikan Dubes Peter F Gontha, serta Sales Manager Garuda Indonesia untuk Eropa dan Ketua Polish Chambers of Tourism dan operator mitra KBRI. (Baca: Petualangan Berkesenian di Empat Kota Eropa)

KBRI Warsawa Penampilan Tari Rantak di
Selama pameran, KBRI Warsawa mengadakan pementasan Tari Saman Aceh dan Rantak Minangkabau yang dibawakan mahasiswa Polandia, penerima beasiswa Darmasiswa, beasiswa BSBI, dan putri keluarga KBRI.

Para pengunjung terpesona dengan para penari dari Polandia, pentas seni dan budaya tersebut merupakan bagian dari kegiatan Paguyuban Warsaw Gamelan Group, yang mayoritas anggotanya warga Polandia dibentuk tahun 2001.

Polandia, yang berpenduduk 38,14 juta orang dengan penduduk terbesar keempat, setelah Warsawa, Lodz, dan Krakow, itu merupakan negara yang sangat potensial untuk pengembangan sektor pariwisata Indonesia. Polandia yang memiliki kestabilan dan kemajuan ekonomi, akan mendorong masyarakat Polandia berwisata ke luar negeri.

Wisatawan Polandia yang datang ke Indonesia mengalami kenaikan. Pada tahun 2011 hanya 11.000 orang, pada tahun 2012 menjadi 13.500 orang, sedangkan tahun 2013 meningkat menjadi 15.500 orang. Diperkirakan, wisatawan Polandia yang berwisata ke Indonesia tahun 2014 lalu berjumlah 16.000 orang.

KBRI Warsawa berencana akan mengikuti serangkaian pameran pariwisata di Polandia antara lain di International GLOB Fair, Katowice, Provinsi Silesia pada tanggal 27-29 Maret mendatang dan Tour Salon Poznan, Poznan, Provinsi Greater Poland (Wielkopolskie) pada bulan Oktober. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com