Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati Kuliner Durian di 3 Tempat Ini

Kompas.com - 12/03/2015, 06:39 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pencinta durian, buah ini memang bagaikan magnet yang selalu menarik untuk kembali mencicipi. Perburuannya selalu meninggalkan cerita tersendiri baik itu puas maupun kecewa karena tidak mendapatkan hasil yang sempurna. Dari mulai memarkirkan kendaraan, melihat jenis durian, mencari yang terbaik, membelah durian hingga akhirnya menyantapnya.

Di Jakarta Selatan, terdapat beberapa tempat yang menawarkan kuliner durian bagi para penikmatnya. Tak perlu khawatir kehabisan, stok buah berduri ini selalu stabil hampir sepanjang tahun. Namun jika musim sedang tidak bagus, harga yang ditawarkan akan berbeda. Berikut tiga tempat yang menawarkan buah durian di Jakarta.

Jalan Raya Bogor

Jika melewati Jalan Raya Bogor KM 20, Kramat Jati, Jakarta Timur maka jangan kaget jika melihat kumpulan penjual durian yang berderet di pinggir jalan. Tepat di depan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jakarta Timur hingga pertigaan Hek, Anda akan mulai menghirup aroma durian sejenak. Para penjual durian mulai menggelar dagangannya sejak pukul 17.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Para penjual menawarkan pilihan durian yang berasal dari Lampung, Medan, dan Palembang. Anda dapat menyantap di tempat atau dibawa pulang untuk dinikmati bersama orang-orang terkasih. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 65.000. Menurut Hatta Sukanta (65), para penikmat durian di kawasan Pasar Induk Kramat Jati ramai ketika malam Sabtu, Minggu, dan hari libur.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Seorang pembeli sedang melihat varian durian yang ditawarkan penjual di pinggir Jalan Pasar Minggu KM 18, Selasa (10/3/2015).

Jalan Raya Pasar Minggu

Jika Anda masih penasaran dengan kuliner dengan daging lembut nan legit ini, datanglah ke Jalan Raya Pasar Minggu KM 19 tepat di depan Bengkel Volvo hingga pertigaan menuju Jalan Pejaten. Penjual durian ini dapat dengan mudah Anda temukan cukup berpatokan dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pasar Minggu. Para penjual durian berderet di sisi kiri dan kanan jalan.

Buah durian yang ditawarkan di sepanjang Jalan Pasar Minggu KM 18 ini berasal dari Medan, Palembang, Lampung, dan Semarang. Penjual akan menawarkan untuk mencicipi manisnya buah berduri ini sampai dirasa cocok. Anda dapat menyantap durian langsung di tempat atau dibawa pulang. Anda juga dapat membawa pulang durian tanpa kulitnya dengan membungkus menggunakan styrofoam. Harga durian dibanderol mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000. Para penjual mulai buka pukul 17.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Jalan Raya Kalibata

Menuju arah Stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan dari arah Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, perhatikan sebelah kiri jalan. Tepat di depan Balai Pendidikan dan Latihan Kementerian Dalam Negeri, penjual durian di bawah 10 tenda berwarna hijau siap melayani permintaan Anda. Selain itu di depan Kantor Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) yang berjarak sekitar 200 meter dari TMP Kalibata juga siap memanjakan lidah Anda.

Durian-durian tertata rapi di etalase sederhana yang terbuat dari kayu. Jika Anda mengendarai kendaraan pelan, para penjual siap menyambut Anda dengan tawaran untuk menyantap durian. Durian yang ditawarkan di sini berasal dari Medan, Semarang, Lampung, dan Palembang. Pusat kuliner durian yang telah hampir ada sejak 30 tahun yang lalu ini mulai buka dari pukul 17.00 WIB hingga 01.00 WIB. Harga durian ditawarkan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 100.000. Bahruddin (35) menuturkan kualitas durian terjamin dan pembeli dapat mencoba mencicipi durian yang cocok lidah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com