Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Tebing Paling Berbahaya Sejagat Dibuka Akhir Bulan Ini

Kompas.com - 13/03/2015, 12:18 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com –  Jalur pendakian paling berbahaya di dunia akan dibuka untuk umum tepat saat Hari Paskah tahun ini. Sebelumnya, jalur ini telah ditutup selama 14 tahun sejak tahun 2001. Sepanjang tiga kilometer dan dibangun 100 meter di atas Ngarai Desfiladero del los Gaitanes, lima orang tewas pada tahun 1999 dan 2000.

Para wisatawan yang memiliki keberanian tinggi berusaha untuk kembali membuka jalur ini. Mereka mendorong pemerintah lokal untuk memberikan dana sebesar 3,36 miliar dollar AS yang telah direncanakan sejak 10 tahun yang lalu.

Saat ini di tebing ini lantai kaca telah dipasang dan papan-papan terakhir telah diletakkan. “Perjalanan di pinggir tebing ini kembali dibuka untuk umum selama hari raya suci yang dimulai dari tanggal 29 Maret 2015,” kata Elias Bendodo, Gubernur Provinsi Malaga, Spanyol dikutip dari CNN Travel.

John Kramer, penduduk lokal teringat ketika berjalan di jalan ini pada tahun 2013 adalah sebuah kegilaan.

“Satu hal yang paling mengerikan ketika saya berjalan melewati jalur ini adalah kabel pengaman yang putus sebulan sebelumnya. Seorang pendaki asal Italia jatuh 80 meter dan ajaibnya, tidak hanya bertahan tetapi ia melanjutkan perjalanan tanpa cedera. Hal itu tentunya membuat tidak banyak orang yakin,” katanya.

Gabi/Flicker Pendaki di Jalur Caminito del Rey

Ia yakin jalur yang telah direnovasi akan lebih aman dari sebelumnya. John juga akan mengajak keluarganya untuk mencoba.

“Pembukaan jalur ini sangat menarik. Sekarang saatnya datang dengan anak-anak saya. Saya hanya berharap seiring dengan popularitas jalur ini tidak akan merusak daerah ini terlalu banyak,” tambahnya.

Jalur setapak yang telah berusia 110 tahun ini terletak di Desa El Chorro, sebelah barat dari Malaga. Jalur ini telah diperbaiki dengan jalur-jalur kayu dan dilengkapi dengan tali pengaman dan baut baja untuk para pengunjung. Ketika berkunjung ke jalur ini, wisatawan akan diminta menggunakan helm.

Jalur memusingkan yang dibangun di atas Sungai Guadalhorce akan dibuka hari Selasa sampai Minggu saat musim panas dan musim dingin.

Selama enam bulan pertama, wisatawan tak perlu membayar tiket masuk. Menurut media lokal, 30.000 wisatawan telah memesan untuk mencoba jalur baru ini. Jika ingin memesan, tiket tersedia di website caminitodelrey.com. Transportasi umum antara titik awal dan akhir jalan setapak juga sedang diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com