Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Coba Wisata ke Uzbekistan? Ada Promo Menarik...

Kompas.com - 14/03/2015, 09:47 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melancong ke mana tahun ini? Jika Anda terbiasa berpelesiran ke luar negeri, cobalah pilih destinasi tak lazim. Salah satunya adalah Uzbekistan. Kini, terbang ke Uzbekistan lebih mudah dan lebih murah.

Sebab, maskapai penerbangan Uzbekistan Airways sedang memberikan promosi harga tiket pesawat selama tahun ini yaitu per tanggal 1 Februari hingga 31 Oktober 2015 dalam rangka rute terbaru mereka yaitu Tashkent-Singapura sekaligus menarik calon penumpang dari Indonesia. Tashkent merupakan ibu kota Uzbekistan, negara yang berada di Asia Tengah.

"Rute ini sudah ada sejak April tahun lalu. Secara keterisian penumpang masih di kisaran 80 sampai 90 persen, tapi itu jika ditotal dengan penumpang dari Kuala Lumpur," kata General Manager of Singapore, Uzbekistan Airways, Utkur Alimov, kepada KompasTravel, beberapa waktu yang lalu.

Memang, rute terdekat dari Indonesia adalah melalui Kuala Lumpur yang sudah beroperasi sejak lama. Sementara rute Singapura baru saja dibuka April 2014. Sedangkan penerbangan langsung dari Indonesia belum ada.

Seperti diungkapkan General Manager of Malaysia, Uzbekistan Airways, Zaripov Negmatillo, tiket pesawat PP yang ditawarkan mulai dari 988 dollar Singapura (sekitar Rp 9,4 juta) untuk rute Tashkent-Singapura.

"Sampai saat ini masih lebih banyak penumpang dari Kuala Lumpur. Tapi kami harapkan Singapura bisa diisi oleh orang Indonesia, karena itu kami tahun ini berpromosi di Indonesia," katanya.

Sedangkan Station Manager Aeeroworld Aviation, Look Lian Kit, menuturkan bahwa harga yang ditawarkan lebih murah untuk penumpang rombongon. Untuk grup minimal 10 orang, harga yang ditawarkan mulai dari 898 dollar Singapura (PP) atau sekitar Rp 8,5 juta.

"Dan dapat gratis tiket domestik," katanya.

Tiket domestik yang dimaksud adalah rute-rute domestik di Uzbekistan yang dioperasikan Uzbekistan Airways. Ia menyarankan rencana perjalanan di Uzbekistan adalah penerbangan ke kota terjauh terlebih dahulu yaitu Tashkent, kemudian terbang ke Khiva.

"Dari Khiva ke Bukhara dengan bus. Lalu ke Samarkand dengan bus. Dari Samarkand kembali ke Tashkent dengan bullet train," jelasnya.

Uzbekistan merupakan negara di Asia Tengah yang kental dengam wisata sejarah dan budayanya yang esksotis. Sebagai negara dengan mayoritasnya berpenduduk Muslim, obyek wisata di Uzbekistan kental dengan nuansa religi Islam, seperti musoleum dan masjid dengan arsitektur cantik.

Salah satu yang terkenal di kalangan orang Indonesia adalah makam Imam Bukhari di Samarkand. Selain Tashkent, kota-kota yang umum dikunjungi wisatawan adalah Khiva, Bukhara, dan Samarkand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com