Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggila Durian, Festival Durian Candimulyo Segera Digelar!

Kompas.com - 17/03/2015, 09:03 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ini lah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggila durian di Magelang, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Festival Durian Candimulyo akan kembali dihelat 19-21 Maret 2015. Berbagai kegiatan yang berhubungan "King of Fruits" itu akan digelar pada festival tahunan itu.

Menurut Tri Agung Sucahyono, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Magelang, pada festival ini akan ada ratusan hingga ribuan durian kualitas terbaik hasil budidaya petani durian di Kecamatan Candimulyo. "Durian-durian itu nantinya akan disajikan di sepanjang jalan di Kecamatan Candimulyo dan bisa dibeli masyarakat langsung," ujar Tri, Senin (16/3/2015).

Menurut Tri, festival ini merupakan kegiatan tahunan sebagai wujud syukur sekaligus perayaan panen buah durian yang selalu melimpah di Candimulyo. Selain itu, festival ini juga sekaligus untuk mengangkat buah durian lokal Magelang yang mempunyai kualitas baik dan tidak kalah dengan durian di daerah lainnya. "Puncak acara akan dipusatkan di lapangan Candimulyo pada 20 Maret 2015. Akan ada kirab tiga gunungan buah durian dan buah-buahan eksotis lainnya dari tiga desa di Candimulyo. Menariknya, festival ini juga akan digelar lomba gede-gedean buah durian," katanya.

Sekretaris Panitia Festival Durian Candimulyo 2015, Budi, mengemukakan beberapa rangkaian kegiatan menarik juga akan diselenggarakan pada festival ini. Antara lain, bazar aneka makanan olahan berbahan baku daging buah durian, bunga hingga isi (pongge) durian.

Budi melanjutkan, bazar tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa buah durian tidak hanya bisa dinikmati secara langsung akan tetapi juga dapat diolah menjadi beragam makanan lezat. "Misalnya, bunga durian bisa digunakan untuk sayur dan abon rasa durian, kemudian pongge durian menjadi permen coklat, serta daging durian untuk wingko durian, kick durian, puding, dan lainnya," katanya.

Kecamatan Candimulyo yang berada di kaki Gunung Merbabu itu merupakan salah satu sentra buah durian dan buah-buahan eksotis di Kabupaten Magelang. Ada sekitar 12.000 pohon durian yang ditanam oleh warga, baik di lahan pertanian yang dikelola gabungan kelompok tani (Gapoktan) maupun di halaman rumah warga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com