Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Indonesia, Pasar Terbesar Singapura

Kompas.com - 19/03/2015, 09:42 WIB
Rachmat Ogie Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam menggaet jumlah kunjungan pasar Internasional Singapura telah berhasil mengangkut 3 juta pengunjung dari Indonesia selama periode 2014. Hal ini dibeberkan Singapore Tourism Board (STB) pada acara New Year Gathering yang berlangsung di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Dalam presentasinya, Edward Koh selaku Regional Director Asia Tenggara STB menerangkan bahwa selama periode 2014 jumlah wisatawan dari Indonesia merupakan yang terbesar dilihat dari jumlah kunjungannya.

“Jumlah pengunjung dari Indonesia mencapai sekitar 20 persen dari jumlah kunjungan atau sekitar 3 juta pengunjung selama periode tahun 2014,” ungkap Edward.

Edward menambahkan sebagai salah satu sumber pasar terbesar, Indonesia juga memberikan total pendapatan sekitar 2,1 juta dollar Singapura. Hal ini dibagi dalam beberapa aspek tujuan pengunjung atau wisatawan.

SONORA/JUMAR SUDIYANA Kincir raksasa di Singapura

Sekitar 26 persen pengunjung dari Indonesia melakukan wisata belanja di Singapura, 18 persen hanya untuk berjalan-jalan, 8 persen untuk menikmati kuliner khas Singapura dan 47 persen untuk menikmati hal lain termasuk hiburan, pariwisata dan permainan.

“Secara keseluruhan Singapura menjadi salah satu tempat tujuan yang diminati oleh masyarakat Indonesia karena penawaran lifestyle,” ujar Edward.

Dia menerangkan bahwa Indonesia lebih memilih untuk menikmati penawaran lifestyle yang kian marak di Singapura dan lebih menjanjikan.

Sedangkan untuk wahana permainan atau atraksi favorit yang paling diminati adalah Universal Studio. Merupakan salah satu wahana permainan keluarga terbesar se-Asia Tenggara yang dibuka awal tahun 2010. Wahana ini terletak di Pulau Sentosa, Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com