Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabang Akan Menyambut Ratusan Turis "Cruise" MV Albatros

Kompas.com - 27/03/2015, 18:10 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kota Sabang dikabarkan akan kembali dikunjungi ratusan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang dengan menggunakan kapal pesiar MV Albatros berbendera Bahamas. Kapal pesiar ini dinahkodai oleh Capten Flohr Hubert.

“Jadwalnya hari Sabtu besok kapal pesiar asing yang membawa pelancong dunia akan bersandar di Pelabuhan CT3 Sabang,” kata Zulkarnaini Abdullah, saat dihubungi Kompas.com, Jum’at (27/03/2015).

Menurut Zulkarnain, kapal pesiar itu menampung 850 penumpang dan 366 kru. “Rencananya wisatawan asing itu akan singgah di kota Sabang selama 7 jam,” katanya.

Ia menambahkan pelabuhan CT3 BPKS Sabang dibangun sebagai salah satu pelabuhan transit internasional. Pelabuhan tersebut juga menandakan pengembangakn konsep poros maritim di pulau paling ujung barat Indonesia.

“Pelabuhan ini pada awal bulan lalu juga telah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo,” katanya.

Sementara itu Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS Fauzi Daud, wisatawan dari MV Albatros akan disambut dengan sejumlah acara seperti tarian selamat datang berupa tari tradisional Aceh yang akan dibawakan Sanggar KANA ART Sabang. Ada pula bazar mini dan penjualan cendera mata khas Aceh, serta loket penukaran mata uang asing.

“Kedatangan kapal pesiar mewah ke Sabang akan berdampak positif terhadap sektor perekonomian warga Sabang," tuturnya.

Ia menambahkan para wisatawan itu nantinya akan menggunakan berbagai jasa pengusaha lokal, mulai dari sarana transportasi, lokasi obyek wisata, diving, snorkeling, hingga penjualan beragam produk kerajinan khas Aceh di Sabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com