Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meskipun Lelah, Peserta Terbuai Keindahan Alam NTB

Kompas.com - 12/04/2015, 09:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DOMPU, KOMPAS.com - Para peserta warga negara asing yang mengikuti Tambora Bike sangat menikmati pemandangan alam yang disuguhkan sepanjang jalur ketika bersepeda. Walaupun lelah setelah menempuh jarak sejauh 409 kilometer, mereka sangat terhibur dengan eksotisme alam dan budaya Nusa Tenggara Barat.

"Saya lelah tapi terbayar karena pemandangan yang sangat indah. Teluknya luar biasa," kata Jakob, pesepeda asal Swiss kepada KompasTravel di Doro Ncanga, Desa Sori Tatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Sabtu (11/4/2015).

Acara bersepeda yang menantang dengan jalur lebih indah juga dinantikan oleh Jakob. "Jika ada lagi, saya akan berdiskusi dengan istri," katanya.

Senada dengan pesepeda dari Amerika Serikat, Joaquin akrab disapa Wakin juga mengungkapkan antusiasmenya ketika mencapai garis finis. "Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Indonesia sangat unggul dalam urusan keindahan alam. Dari salah satu bukit, bisa lihat Tambora dan Teluk Saleh," ungkapnya.

Tentang budaya, ia kagum dengan keramahan yang dijunjung oleh masyarakat Indonesia. "Dari Sumbawa, kesan saya, masyarakatnya tradisional dan sangat ramah terhadap orang asing. Ketika lelah, saya lewat dan mereka tidak canggung untuk menegur sapa," ujarnya.

Perjalanan menuju Doro Ncanga dapat ditempuh menggunakan bus, mobil, ataupun motor dari jalur Bima dan Dompu. Wakin mengaku perjalanan menggunakan sepeda adalah cara paling nikmat untuk menikmati pemandangan alam. "Tidak ada batas kaca untuk menikmati alam," katanya.

Para pesepeda Tambora Bike berhasil menyelesaikan tiga etape dari Mataram menuju Doro Ncanga pada Sabtu (11/4/2015). Tambora Bike merupakan acara bersepeda yang digelar untuk memperingati dua abad letusan Gunung Tambora yang berpengaruh hingga daratan Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com