Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangka Barat Dorong Napak Tilas Soekarno Jadi Agenda Wisata

Kompas.com - 15/04/2015, 15:24 WIB
MUNTOK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mendorong agar kegiatan tahunan napak tilas perjalanan Proklamator RI Soekarno saat diasingkan di Muntok menjadi salah satu agenda wisata.

"Napak tilas atau perjalanan Soekarno dan sejumlah pejuang Kemerdekaan RI dari Pesanggrahan Muntok sampai Menara Suar Tanjung Kalian cukup menarik dinikmati wisatawan. Kami akan jadikan kegiatan itu sebagai salah satu agenda wisata Bangka Barat," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Eko Nugroho di Muntok, Selasa (14/4/2015).

Dia mengatakan, kegiatan napak tilas dengan berjalan kaki dari Pesanggrahan Muntok atau dahulu dikenal dengan Wisma Ranggam menuju Tanjung Kalian melewati sejumlah bangunan bersejarah dan menyusuri tepi pantai yang indah.

Menurut Eko, kegiatan susur wisata tersebut akan cukup menarik jika dikemas dalam bentuk wisata edukasi karena wisatawan bisa belajar secara langsung berada di sejumlah lokasi bersejarah di kota pusaka tersebut.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Aneka kue yang dijajakan pedagang di Muntok. Muntok juga terkenal dengan sebutan ”kota seribu kue”.
"Sepanjang jalan yang dilewati Soekarno dan para pejuang Kemerdekaan RI dahulu cukup menarik dan penuh sejarah yang bisa membangun karakter nasionalisme, kami akan mendorong agar kegiatan itu bisa dibakukan menjadi agenda wisata daerah," katanya.

Dengan menjadi agenda wisata tetap, Eko mengharapkan ke depan kegiatan tersebut bisa lebih banyak mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun nasional.

"Kami yakin kegiatan ini akan menjadi besar karena dalam kegiatan ini pengunjung akan merasakan kebesaran Soekarno dan semangat nasionalisme yang dimilikinya," katanya.

Selain menjadikan agenda wisata, lanjut Eko, pihaknya juga akan mempopulerkan kegiatan itu kepada seluruh sekolah dan perguruan tinggi di Babel.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Kelenteng Kung Fuk Miau di Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung.
"Kami akan bekerja sama dengan pihak sekolah, Disdikpora Kabupaten Bangka Barat dan Disdik Babel agar seluruh sekolah dan perguruan tinggi mengirimkan perwakilannya dalam kegiatan itu, nanti kelompok pemuda, organisasi masyarakat juga akan kami undang agar semakin semarak," katanya.

Eko yakin jika kegiatan napak tilas bisa menjadi agenda wisata, kegiatan tersebut akan mampu menyedot kunjungan wisatawan nusantara. "Hanya ada beberapa daerah yang menjadi lokasi pengasingan Soekarno. Potensi itu yang harus digenjot untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Bangka Barat, khususnya Muntok," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com