Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Taliwang, Sensasi Pedas Ayam Bakar Khas Lombok

Kompas.com - 19/04/2015, 08:37 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat disajikan di meja, aroma khas ayam bakar dengan aroma asap bakaran arangnya langsung terasa di hidung. Aroma yang membuat lidah semakin bergoyang dan perut semakin keruyukan.

Di lahapan pertama, yang paling terasa adalah sensasi pedasnya yang khas dengan campuran terasi asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. “Terasinya asli Lombok," kata Danish, salah satu karyawan di Restoran Ayam Taliwang Baru di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Bali.

Restoran ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. Kebanyakan yang datang adalah masyarakat Bali dan turis domestik.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Pelecing kangkung, campuran kangkung dan sambal terasi asli Lombok.

“Ada juga sih luar negeri dan bule-bule tapi kebanyakan ya lokal," ucap Danish. Tidak heran, sensasi pedasnya memang cocoknya buat lidah lokal dan Asia pada umumnya.

Walau berada di Bali, Ayam Taliwang di Restoran Ayam Taliwang Baru tidak jauh beda dengan Ayam Taliwang asli di Lombok, NTB. Ayamnya dibakar dan disajikan dengan pelecing kangkung dan sambal terasi Lombok. Pelecing kangkung adalah kangkung rebus yang dicampur dengan sambal tomat dan terasi. Di atasnya juga ditaburi kacang goreng. Sangat khas sekali.

Makan di restoran ini juga dijamin kenyang. Satu porsi Ayam Taliwang adalah satu ekor ayam kecil. Jadi bukan potongan badan ayam seperti paha, dada, atau sayap. “Ayamnya menggunakan ayam kampung yang belum tua," kata Danish kepada KompasTravel.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Restoran Ayam Taliwang di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Bali.

Kunci kelezatan sajian Ayam Taliwang memang berada di bumbu pedasnya. Walau sama-sama cabai pedas tapi campuran dan cara memasaknya membuat sambal asal NTB ini berbeda dengan sambal pedas asal daerah lain di Indonesia.

Satu bumbu yang membuat sambal memiliki khas sendiri adalah terasi. Terasi yang biasa untuk membuat ayam taliwang dan pelecing kangkung adalah terasi Lombok. Bahan dasar terasi ini sebenarnya sama dengan terasi lainnya seperti terasi Bangka atau Cirebon yaitu udang. Namun bahan racikan dan cara pengolahannya yang membuat berbeda.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Sajian Ayam Taliwang dengan nasi putih, pelecing kangkung dan sambal terasi khas Lombok.

Bagi yang tidak suka pedas, jangan khawatir. Di Restoran Ayam Taliwang Baru juga tersedia ayam bakar yang bumbunya sama dengan ayam taliwang namun tanpa pedas. Ada juga ayam sasak yaitu suwiran daging ayam yang dicampur dengan bumbu khas Lombok.

Jadi bagi yang tidak sempat ke Lombok, Mataram, Sumbawa atau kawasan di Nusa Tenggara Barat lainnya, Ayam Taliwang Baru di Bali ini bisa menjadi pelepas penasaran. Setidaknya bisa mencicipi kelezatan makanan khas Lombok yang terkenal yaitu Ayam Taliwang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com