Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Malam Romantis di Benteng Vredeburg

Kompas.com - 20/04/2015, 08:28 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bangunan buatan Belanda di malam hari bisa menjadi tantangan tersendiri untuk seseorang. Jangankan untuk makan malam, untuk masuk dan berdiam diri di tengah bangunan tua dengan suasana gelap saja bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Bagaimana dengan makan malam romantis di bangunan bekas markas tentara Belanda? Anda perlu mencoba datang ke Restoran Indische Koffie di dalam Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Restoran yang dibuka pada tahun 2012 ini mengusung konsep yang mengkombinasikan budaya Belanda dan Jawa di dalam interior ruangnya.

“Indische Koffie adalah sebuah restoran fine dining yang menawarkan berbagai macam menu tradisional dan western food. Mengusung tema a taste of heritage, restoran kami mencoba untuk menawarkan berbagai menu lezat, beberapa di antaranya adalah makanan khas wong londo,” ujar Ega Dewo Saputro selaku koki restoran ini.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Suasana luar ruang Restoran Indische Koffie di dalam Benteng Vredeburg, Yogyakarta.
Saat memasuki restoran yang buka mulai pukul 11 pagi hingga 10 malam ini, telinga Anda akan dimanjakan dengan iringan musik Bosanova Jawa. Interior yang tertata apik dikombinasikan dengan open bar di salah satu sudutnya membuat kesan tidak terlalu kaku. Di malam Minggu, penampilan dari band akustik juga mendukung kesan romantis restoran ini.

Bagi pecinta kopi, Anda bisa memanjakan lidah dengan kopi rempah Indische Koffie seharga Rp 17.000. Pramusaji akan menyajikan secangkir kopi hitam tanpa gula dengan bau rempah yang cukup tajam.

“Kami mencampurkan kopi hitam dengan beberapa rempah khas Indonesia, yaitu kapulaga, pekak, kayu manis, cengkeh, dan cabe jawa yang akan menghangatkan tubuh penikmatnya,” kata koki muda ini.

Anda juga bisa menikmati sajian Roasted Spring Chicken, paduan ayam dibumbui rempah yang dipanggang disajikan dengan kentang kukus, sayuran dan saus jamur. Uniknya, sayuran pendamping berisi paprika dan bawang bombay yang ditumis dalam saus tomat ini dimasak dengan kismis yang menjadi ciri khas masakan mediterania.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Perpaduan puding susu dengan kue ontbijtkoek di dalamnya merupakan menu penutup Restoran Indische Koffie di dalam Benteng Vredeburg, Yogyakarta.
Untuk makanan penutup, tak ada salahnya mencicipi kudapan tradisional Belanda yang sudah dikemas menjadi makanan penutup yang nikmat. Ontbijtkoek Puding merupakan pilihan tepat, yaitu pudding susu berisi kue ontbijtkoek dengan fla vanilla. Tatanan khas restoran bintang lima menjadikan makanan penutup ini terlihat apik dengan hiasan cokelat dan buah kiwi.

“Pengunjung bisa menikmati suasana makan baik di dalam maupun di luar ruangan, bahkan ketika musim hujan berakhir, kita memiliki open bar di lantai atas dengan konsep outdoor. Beratapkan langit, pengunjung bisa menikmati pemandangan kawasan nol kilometer dari atas,” ujar Ipang, pramusaji di resto ini.

Bahkan, tambah Ipang, konsumen juga bisa memesan lokasi istimewa di sudut Benteng Vredeburg yang akan disulap menjadi tempat makan malam romantis untuk berdua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com