Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Dawn Princes Singgah di Semarang

Kompas.com - 22/04/2015, 08:06 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Kapal Pesiar Dawn Princes Hamilton berpenumpang 2.000 turis mancanegara dari Australia dan Eropa singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/4/2015). Para pelancong itu ingin berwisata di destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur.

Manajer Operasional Pelabuhan Tanjung Emas, Wijang Indarto mengatakan, kapal pesiar yang singgah itu merupakan satu dari 12 kapal pesiar besar yang pernah singgah di Kota Semarang. Para wisatawan asing tersebut diantar melihat kemegahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, untuk esok kembali akan berlayar ke Tanjung Benoa Bali dan Lombok.

Saat para turis tiba, pihaknya menyambut dengan suguhan selamat datang. Salah satunya dengan penampilan Marching Band dari Taruna Pendidikan Ilmu Pelayaran (PIP). Suguhan berupa atraksi kesenian kuda lumping juga digelar dalam penyambutan tersebut. "Kita ingin memanjakan turis dengan baik. Salah satunya dengan tampilan kesenian tradisional Jawa Tengah ini," ujar Indarto.

Para turis itu saat melancong diantar menggunakan 14 bus besar. Dari jumlah penumpang 2.000 orang, 800-900 wisatawan di antaranya turun di kapal. Sisanya, tetap berada dalam kapal pesiar tersebut. "Wisata ke Jawa Tengah hanya sampai malam ini saja. Karena besok (hari ini) sudah harus perjalanan lagi," lanjutnya.

Indarto berharap banyaknya turis asing yang singgah di Tanjung Emas mampu menarik wisatawan lain untuk ikut singgah, sehingga kunjungan wisatawan di Jateng meningkat. "Harapan kami, Mei ini akan ada kunjungan wisatawan asing lagi. Semoga pendapatan di sektor wisata bisa meningkat," katanya.

Candi Borobudur merupakan destinasi unggulan, karena menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Selain Borobudur, destinasi di beberapa wilayah di Jawa Tengah juga tidak kalah memesona, namun pesonanya masih kalah jika dibanding Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com