Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Bali Masuk 10 Besar Pilihan Wisatawan Dunia

Kompas.com - 23/04/2015, 08:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

Sumber CNN Travel
KOMPAS.com - Situs perjalanan, Trip Advisor merilis 10 pulau di dunia berdasarkan komentar wisatawan. Pulau Providenciales di Turks dan Caicos menempati urutan pertama. Sementara, Pulau Bali masuk peringkat 10 besar untuk pulau pilihan dari wisatawan mancanegara.

Dikutip dari situs Trip Advisor, Pulau Bali adalah pilihan ke-7 wisatawan dunia. Pulau Bali terlihat seperti kartu pos yang hidup dan sebuah surga impian. Wisatawan dapat menikmati matahari terbenam di atas pasir putih atau menyelam di tengah kumpulan ikan-ikan dan karang juga sisa-sisa kapal Perang Dunia II yang tenggelam.

Pulau Bali berada di peringkat 7 dari 10 pulau. Bali berada tepat di bawah Pulau Madeira di Portugal dan di atas Pulau Mauritius, Afrika. Secara lengkap, urutan pulau-pulau yang menjadi pilihan wisatawan di Trip Advisor adalah (1) Pulau Providenciales di Turks dan Caicos, (2) Maui di Hawaii, (3) Roatan di Honduras, (4) Santorini di Yunani,  (5) Ko Tao di Thailand, (6) Madeira di Portugal, (7) Bali di Indonesia, (8) Mauritius di Afrika, (9) Bora-Bora di Polinesia, (10) Fernando de Noronha di Brazil.

Pulau Providenciales tahun lalu naik menjadi posisi nomor 2 berdasarkan review dari situs pemenang penghargaan pilihan wisatawan dan mengikuti Ambergris Caye di urutan teratas. Pulau Ambergris Caye di Belize telah menempati posisi teratas peringkat Trip Advisor selama dua tahun berturut-turut. Namun secara mengejutkan pada tahun 2015, pulau tersebut keluar dari peringkat ini.

Trip Advisor Traveler Photo Pulau Providenciales, Turks dan Caicos
"Sangat sulit untuk dikatakan. Sebagai pemenang berganti dari tahun ke tahun berdasarkan umpan balik dari wisatawan," kata juru bicara Trip Advisor, Julie Cassetina dikutip dari CNN.

Ia mengatakan dua tahun ke belakang, pulau yang menempati urutan teratas ditentukan menggunakan alogaritma berdasarkan kualitas dan kuantitas opini dan ulasan wisatawan tentang hotel, atraksi wisata, dan restoran di setiap pulau yang dikumpulkan dalam kurun waktu 12 bulan.

Trip Advisor merupakan situs perjalanan terbesar dunia yang memuat review dan opini tentang hotel, restoran, atraksi wisata dari para wisatawan. Berdasarkan informasi tersebut, para wisatawan dapat merencanakan perjalanan ke destinasi-destinasi yang dipilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com